Pj Wali Kota Parepare Launching Pasar Tani

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare menglaunching pasar tani.

Kegiatan itu, dirangkaikan dengan pemerintah menyapa, sekaligus penyerahan santunan jaminan kematian kepada ahli waris senilai Rp42 juta lebih.

Termasuk penyerahan kartu secara sombolis kepada peserta kelompok masyarakat pesisir yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang berlangsung di halaman kantor Dinas PKP Kota Parepare, Kamis, 18 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali hadir menglaunching pasar tani itu. Hadir pula, Sekretaris Daerah (Sekda) Husni Syam dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot Parepare.

Dalam sambutannya, Akbar Ali
menyatakan rasa syukur atas inisiatif ini yang bertujuan memberikan ruang bagi petani untuk memperkenalkan dan menjual hasil pertaniannya.

“Dengan adanya Pasar Tani, diharapkan akan terjadi transaksi yang dapat meningkatkan pendapatan petani,” ujarnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya program ini untuk memperkenalkan hasil pertanian Parepare kepada masyarakat, sehingga mereka dapat membeli produk pertanian yang segar dan berkualitas.

Dia berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan di satu lokasi, tetapi bisa diselenggarakan di berbagai titik strategis di seluruh Parepare.

“Ibu Kadis PKP menyampaikan bahwa program ini akan diadakan setiap hari Jumat. Namun, jika memungkinkan, akan lebih baik jika diadakan setiap hari,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PKP, Wildana, menjelaskan bahwa Pasar Tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat sebagai upaya memberikan ruang kepada kelompok tani, pembudidaya ikan, dan UMKM binaan Dinas PKP untuk mempromosikan serta memasarkan produk mereka.

“Pasar Tani ini hadir untuk membangun pasar produk tani sebagai outlet pemasaran langsung dari petani kepada konsumen,” kata Wildana.

Lebih lanjut, Wildana menegaskan bahwa tujuan utama Pasar Tani adalah untuk meningkatkan pendapatan petani, peternak, dan nelayan, serta mencegah kemiskinan ekstrem dengan menyediakan pasar yang lebih jelas.

“Program ini juga mendukung pengendalian inflasi dan peningkatan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan,” tambahnya.

Dengan dukungan kuat dari kelompok tani, peternak, nelayan, dan seluruh stakeholder, Wildana optimis Pasar Tani ini akan berkelanjutan dan semakin berkembang.

Dalam acara peluncuran Pasar Tani tersebut, Pj Walikota Parepare juga turut serta memanen cabai dan ikan nila yang merupakan hasil budidaya kelompok tani binaan Dinas PKP. (*)

  • Bagikan