Tim Proyek Revitalisasi Bisnis GEC Teliti UMKM Tenun Tradisional Bira

  • Bagikan
Tim Peneliti menyambangi Kediaman Pengrajin Tenun Tradisional Bira

BULUKUMBA, BACAPESAN.COM – Tim peneliti dari proyek Revitalisasi Bisnis Green Economy Capability (GEC) bekerja sama dengan Universitas Ciputra Makassar telah memulai langkah penting menjaga stabilitas keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kawasan Destinasi Pantai Bira.

Berfokus pada UMKM Tenun Tradisional, tim yang dipimpin oleh Dr. Salmah, bersama anggota Dr. Monalisa dan Dr. Muchtar, melakukan pengumpulan data melalui kuisioner kepada UMKM setempat.

Dr. Salmah, Ketua Pengusul proyek penelitian menyatakan tujuan utama kegiatan ini adalah mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh UMKM di kawasan Pantai Bira, terutama yang bergerak di bidang tenun tradisional.

“Kami berharap data yang kami kumpulkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan UMKM dan membantu dalam merancang strategi bisnis yang lebih berkelanjutan dan tangguh,” ujar Salmah.

Dirinya juga menekankan proyek ini didukung oleh Program Hibah Dosen Pemula dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2024, bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar.

“Dukungan ini sangat berarti bagi kami, memungkinkan penelitian yang mendalam dan implementasi strategi yang dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di kawasan Pantai Bira,” tambahnya.

Monalisa menambahkan, pendekatan Green Economy Capability ini sangat relevan untuk kawasan Pantai Bira yang memiliki potensi pariwisata yang besar namun juga rentan terhadap perubahan ekonomi dan lingkungan.

  • Bagikan