Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FKIP UMPAR dan BBPMP Sulsel Jalin Kerja Sama

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Sebagai upaya penguatan kolaborasi serta perannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) terkhusus di Kota Parepare.

Delegasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) memenuhi undangan silaturahmi dari Kantor Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulsel di Makassar, Sabtu, 20 Juli 2024.

Silaturahmi ini menjadi ajang bagi FKIP UMPAR untuk terus membangun jaringan kemitraan strategis dengan berbagai instansi untuk terus mendorong kemajuan pendidikan di wilayah kerjanya.

Dalam pertemuan ini, delegasi FKIP UMPAR yang dipimpin oleh Dekan FKIP, Patahuddin, M Pd diterima langsung oleh kepala BBPMP Sulawesi Selatan, Bapak Imran, S.Kom M.T. bersama beberapa orang jajarannya.

Berbagai topik penting menjadi pembahasan dalam pertemuan ini termasuk implementasi kampus merdeka, program praktisi mengajar, inovasi pembelajaran, peningkatan mutu pendidikan serta berbagai program strategis lainnya yang dapat mendukung visi dan misi kedua belah pihak untuk memajukan pendidikan di walayah kerja masing-masing instansi.

Dalam diskusi yang berlangsung santai tersebut, kedua belah pihak telah bersepakat untuk melaksanakan beberapa kegiatan termasuk workshop pembelajaran, pengembangan modul dan instrumen Mikro Reflektif dan Design Thinking Berbasis Teknologi.

Selain itu, kedua belah pihak juga membahas beberpa potensi yang dapat dikembangkan termasuk pengelolaan pusat sumber belajar, pengembangan media pembelajaran berbasis AI, dan sebagainya.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini, kualitas pendidikan di Sulawesi Selatan dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.

Kepala BBPMP Makassar, Imran, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan ini, menurutnya, kunjungan ini sangat penting untuk memperkuat kolaborasi kedua belah pihak.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini, semoga sinergi ini memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di wilayah kita,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UMPAR, Patahuddin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dari BBPMP Makassar.

“Kami sangat berterima kasih atas kesediaan BBPMP untuk menjadi salah satu mitra kolaborasi kami. Insya Allah setelah ini akan segera kami tindak lanjuti dalam bentuk tertulis berupa MoU dan PKS” katanya.

Kunjungan ini juga menjadi ajang tukar pikiran antara para pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan, dengan harapan dapat melahirkan berbagai ide dan solusi baru yang dapat diterapkan di institusi masing-masing.

FKIP UMPAR dan BBPMP Makassar berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berkontribusi dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan inklusif.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version