Luncurkan Pekan Imunisasi Nasional Polio, Pemkot Parepare Target 23.500 Anak

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan resmi meluncurkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak, yang diikuti oleh 24 kabupaten dan kota.

Khusus di Kota Parepare, kegiatan tersebut dipusatkan di Rumah DATAKU, Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Selasa, 23 Juli 2024.

Dalam pencanangan imunisasi ini menyasar sebanyak 23.500 anak se-Kota Parepare untuk pekan pertama.

Pekan Imunisasi ini dibuka secara seremonial oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Muhammad Husni Syam. Turut hadiri, Pj Ketua PKK Parepare Heriyani Husni Syam, Asisten 1 Dede Harirustaman, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rahmawati Nasir, Camat Bacukiki Saharuddin.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, dan Pengendalian Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Parepare Edy Kusuma Suhardi, mengungkapkan bahwa pelaksanaan ini merupakan bukti nyata kepedulian Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan generasi muda yang bebas dari virus polio.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di delapan Puskesmas di Parepare dan akan diperluas ke 132 Posyandu, 111 sekolah dasar, dan 99 PAUD, dengan sasaran anak-anak yang berusia mulai 0 hingga 7 tahun 11 bulan 29 hari,” ujar Edy Kusuma Suhardi.

Dia mengungkapkan imunisasi itu juga menyasar segabyak 23.500 anak di Kota Parepare. “Kami menyasar sebanyak 23.500 anak untuk bisa tersentuh se-Kota Parepare,” jelasnya.

Dia menjelaskan pada pekan pertama imunisasi ini akan digelar mulai 23-29 Juli. “Untuk pekan kedua, kita akan gelar di awal bulan Agustus setelah jeda dua minggu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Parepare Muhammad Husni Syam mengatakan pekan imunisasi ini sangat penting untuk meningkatkan taraf kesehatan.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menaikkan taraf kesehatan masyarakat dan terutama anak-anak kita,” katanya.

Sebab, kata dia, anak-anak yang disasar dalam kegiatan tersebut menjadi generasi pelanjut.

“Karena kita ketahui bersama anak-anak kita ini adalah penerus kita di masa depan. Olehnya itu, pemerintah pusat menginstruksikan kita semua untuk melakukan kegiatan pencanangan imunisasi nasional,” tambah dia.

Dirinya pun menyampaikan Pemkot Parepare mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terlibat dan juga masyarakat.

“Saya mewakili pemerinah kota berterima kasih kepada seluruh yang terlibat, muali Dinas Kesehatan, Posyandu, ibu ibu PKK, masyarakat, untuk bersatu padu untuk menjaga anak-anak kita karena aka berdampak pada kesehatan masyarakat,” lanjut dia.

Dia mendorong agar masyarakat membawa anak-anaknya ke puskesmas atau posyandu untuk melakukan imunisasi.

“Saya mengajak juga seluruh masysrakat Kota Parepare, kita datang membawa anak anak kita mrngikuti imunisasi di masing masing puskesmas atau di posyandu-posyandu,” tandasnya. (*)

  • Bagikan