BSI UMKM Center Diresmikan, Wadahi UMKM Potensial di Sulsel

  • Bagikan
Komfrensi Pers Peresmian BSI UMKM Center

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bank Syariah Indonesia meresmikan BSI UMKM Center di jalan Sungai Saddang Lama No 40 Maradekaya Makassar, Rabu (24/7).

Di Indonesia, BSI UMKM Center ini merupakan yang ke 4 setelah sebelumnya hadir di Aceh, Jogja dan Surabaya.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menjelaskan, kehadiran BSI UMKM Center di Makassar berkat dukungan berbagai pihak utamanya pemerintah Sulawesi Selatan dalam upaya memperkuat industri halal di Sulsel.

“Kalau kita melihat, Sulsel sangat strategis. Data dari Dinas Koperasi menunjukkan pertumbuhan UMKM di Sulsel sangat signifikan. Di tahun 2022 ada sekitar 940 ribu UMKM dan di tahun ini mencapai 1,2 juta. Ini juga berdampak pada jumlah kredit UMKM yang meningkat menjadi 1,5 T yang di kucurkan,” ujarnya.

Hery mengungkapkan, sebelumnya pihaknya juga melakukan pembinaan dalam program Talenta wirausaha dimana 5000 orang dikumpulkan dan di kurasi menjadi 500 orang. Dari dikurasi kembali dan yang terpilih diberikan training agar mampu membangun usaha sendiri. “Kita berharap program ini bisa membantu masyarakat mendirikan usaha sebab kuota tidak cukup jika semua menjadi pegawai negeri,” ucapnya.

Lebih jauh, Hery mengatakan Makassar adalah pasar yang sangat potensial yang bisa dikembangkan.

“Hampir semua daerah memiliki potensi luar biasa, UMKM merupakan penopang seluruh daerah ditengah kondisi ekonomi yang saat ini mengalami tantangan. Dan UMKM lah yang mendukung,” katanya.

  • Bagikan