Pj Wali Kota Parepare Dukung Penuh Verifikasi Pelabuhan Sehat

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali menghadiri acara verifikasi lapangan untuk penghargaan pelabuhan dan bandar udara sehat tahun 2024.

Kegiatan itu, berlangsung di Kantor Pelabuhan Nusantara Kota Parepare dan dihadiri oleh Tim Verifikator dari Forum Pelabuhan Sehat, Kamis, 25 Juli 2024.

Tujuannya, untuk mengevaluasi standar kesehatan dan keselamatan pelabuhan serta bandara di seluruh Indonesia.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, bersama berbagai instansi terkait, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan verifikasi ini.

Dalam sambutannya, Akbar Ali mengapresiasi peran serta Pemkot Parepare, KSOP, dan seluruh tim pendukung dalam upaya verifikasi ini.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran tim verifikator di sini. Kami berharap Pelabuhan Nusantara Kota Parepare dapat memenuhi kriteria sebagai pelabuhan sehat,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang tergabung dalam Forum Pelabuhan Sehat. “Perhatian dan dukungan Anda sangat berarti bagi kami dalam memastikan pelayanan terbaik di pelabuhan ini,” jelasnya.

Ketua Tim Verifikator, dr Tunggul Birowo, menjelaskan bahwa verifikasi ini bertujuan memastikan pelabuhan memenuhi standar kesehatan yang paripurna.

“Kami ingin memastikan bahwa pelabuhan mampu melayani pelaku perjalanan dengan standar kesehatan yang sesuai, sehingga tidak ada penyakit atau risiko kesehatan yang membahayakan pekerja maupun pengguna jasa,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan enam indikator utama dalam verifikasi pelabuhan sehat, kesehatan lingkungan, sarana dan prasarana, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kelembagaan, serta keamanan dan ketertiban di dalam dan sekitar pelabuhan. “Seluruh stakeholder harus kompak dalam mewujudkan pelabuhan sehat,” tandasnya.(*)

  • Bagikan