Bawaslu Tator Gelar Pelatihan Bagi Panwascam dan Kesekretariatan

  • Bagikan
Kegiatan Pelatihan bagi Panwascam dan jajaran yang digelar Bawaslu Tator.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Tana Toraja (Tator) menggelar pelatihan tata naskah, kearsipan, dan kehumasan di Aula Hotel Sahid, Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Rabu 24 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam kearsipan dan kehumasan serta tata naskah bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan koordinator sekretatiat (korsek).

Kegiatan tersebut dibuka langsung ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa, yang dihadiri OPD terkait seperti, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kominfo Tana Toraja, SDM Tana Toraja, dan diikuti ketua Panwascam, Kordiv HP2H dan Kepala Sekertariat dan Staf SDM panwasacm se-Tator.

Menurut ketua Bawalsu Tator, Elis Mangesa kepada media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar Panwascam dari 19 kecamatan dapat memahami pentingnya keberadaan Korsek dalam memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan dari panwas kecamatan. Disamping itu bertujuan untuk mengimplementasikan tugas-tugas panwascam bersama jajarannya terutama dalam hal surat menyurat dan kehumasan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang kearsipan dan kehumasan, yang menjadi kunci penting dalam persiapan menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2024,” jelas Elis yang juga merupakan mantan komisioner KPU 2 periode.

Dijelaskan Elis bahwa salah satu yany juga sangat penting terkait kehumasan, untuk itu dirinya menekankan bahwa panwascam bersama jajarannya juga harus melakukan pengawasan terhadap media sosial, apa yang dipublish di media sosial perlu juga menjadi perhatian.

“Bawaslu juga perlu memastikan bahwa informasi yang dipublikasikan apakah layak dan dapat dipertanggungjawabkan. Serta pengawasan media sosial itu penting terutama yang berkaitan dengan ASN, PNS, dan penyelenggara pemerintahan. Kami juga sudah memantau aktifitas media sosial sejak tahap awal dan siap memberikan peringatan secara persuasif dan humanis jika terjadi pelanggaran,” terang Elis.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini Panwascam bersama jajarannya agar apa yang didapatkan bisa kembali diterapkan saat melaksanakan tugas sebagai pengawas agar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas pengawasan di tingkat kecamatan, karena Bawaslu kabupaten akan selalu melakukan pemantauan serta turun langsung ke kecamatan-kecamatan untuk memastikan mereka bekerja dengan baik sesui tupoksinya. (Cherly)

  • Bagikan