PBNU Bentuk Pansus Kembalikan PKB ke NU

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gus Saifullah Yusuf

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gus Saifullah Yusuf atau yang lebih dikenal dengan Gus Ipul, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mendiskusikan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengembalikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke pangkuan Nahdlatul Ulama (NU).

“Pansus itu bakal disebut sebagai Tim Lima yang bekerja untuk meluruskan sejarah PKB,” ujar Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (26/7/2024), dikutip dari ANTARA.

Menurut Gus Ipul, NU adalah pemilik sah dari partai politik yang saat ini dipimpin oleh Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

PBNU merasa perlu mendiskusikan pembentukan Tim Lima untuk menangani permasalahan ini.

“PBNU sedang berdiskusi, jika diperlukan, pembentukan Tim Lima akan segera dilakukan,” katanya.

Gus Ipul menilai bahwa para elite PKB sering kali membuat pernyataan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai awal berdirinya PKB. Ia bahkan menduga ada upaya sistematis dari para elite PKB untuk menjauhkan partai tersebut dari struktural NU.

“Langkah ini diambil setelah melihat pernyataan elite PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB,” tegasnya.

  • Bagikan