Massa Ricuh di Simulasi Sispamkota, Polres dan Brimob Parepare Tunjukkan Kesiapan Menghadapi Pilkada

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Polres Kota Parepare menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka operasi mantap praja pallawa 2024-2025, sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pilkada 2024.

Simulasi tersebut digelar di Lapangan Binalipu, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Selasa, 30 Juli 2024.

Dalam kegiatan itu menyiagakan personel Polres Kota Parepare, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, unsur TNI dan berbagai stakeholder terkait.

Dalam simulasi tersebut, tampak massa melakukan aksi protes di depan kantor KPU Kota Parepare untuk melakukan pemilihan ulang.

Aksi yang awalnya damai berujung ricuh dan berakhir dengan pembakaran sejumlah fasilitas umum.

Untuk meredam situasi itu, pihak kepolisian segera menerjunkan ratusan pasukan anti huru-hara ke lokasi. Namun, massa yang semakin emosi justru menyerang petugas dengan melempari botol air mineral.

Menghadapi situasi ini, petugas dari Polres Kota Parepare mengambil tindakan tegas dengan memukul mundur massa menggunakan pasukan tambahan dari Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang disiagakan.

Sekadar informasi, simulasi ini menggambarkan potensi kericuhan dan gejolak massa yang mungkin terjadi selama Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan aparat dalam mengawal pelaksanaan Pilkada agar tetap aman, damai, dan kondusif, serta siap menghadapi berbagai aksi protes dan unjuk rasa yang mungkin terjadi kapan saja.

Kapolres Kota Parepare, AKBP Arman Muis mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait dalam menyukseskan simulasi Sispamkota itu.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Simulasi Sispamkota ini dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada 2024.

“Ini sebagai kesiapan kita dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernru, Walikota dan Wakil Walikota Parepare yang sebentar lagi akan kita laksanakan secara serentak,” katanya.

Lebih lanjut, Arman menjelaskan, berbagai skenario situasi darurat dan gangguan keamanan yang dipraktekkan, termasuk penanganan kerusuhan massa dalam simulasi Sispamkota tersebut.

“dalam simulasi ini kita lakukan latihan gabungan TNI/Polri, Brimob, KPU, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Damkar, serta instansi lainnya untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi kegiatan rangkaian pemilihan Kepala Daerah,” tandasnya.

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Asisten III Pemkot Parepare, Eko W Ariyadi, komisioner KPU Kota Parepare Ilham H Muhtar, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Ramli, dan perwakilan Kodim 1405/Parepare. Termasuk hadir pula, perwakilan Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kota Parepare.(*)

  • Bagikan