Simulasi Sispamkota, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Berhasil Redam Kericuhan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah mempersiapkan berbagai langkah strategis demi menjamin keamanan dan kelancaran jalannya pesta demokrasi.

Salah satunya, dengan menerjunkan personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel pada simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka operasi mantap praja pallawa 2024-2025, sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pilkada 2024.

Simulasi tersebut digelar di Lapangan Binalipu, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Selasa, 30 Juli 2024. Dalam simulasi tersebut, tampak massa melakukan aksi protes di depan kantor KPU Kota Parepare untuk melakukan pemilihan ulang.

Aksi yang awalnya damai berujung ricuh dan berakhir dengan pembakaran sejumlah fasilitas umum. Untuk meredam situasi itu, personel Brimob diterjunkan ke lokasi.

Namun, massa yang semakin emosi justru menyerang petugas dengan melempari botol air mineral. Namun petugas berhasil mengendalikan situasi. Kericuhan pun bisa diredam.

Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Ramli mengungkapkan, bahwa satuannya telah siap dari segala aspek untuk mengamankan Pilkada serentak yang akan berlangsung di berbagai wilayah di Sulsel, terutama di wilayah Back up Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

“Kami telah melakukan berbagai latihan intensif dan simulasi pengamanan untuk menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama Pilkada,” kata Kompol Ramli, Selasa, 30 Juli 2024.

Latihan tersebut, kata dia meliputi penanganan kerusuhan, pengamanan TPS, hingga pengawalan logistik Pilkada. Selain itu, kata Kompol Ramli, anggota Batalyon B Pelopor juga telah dilengkapi dengan peralatan modern dan sarana komunikasi yang memadai untuk mendukung tugas mereka di lapangan.

Termasuk, kata dia, menjalin kerja sama dengan instansi terkait seperti KPU, Bawaslu, dan TNI juga terus diperkuat.

“Sinergitas antar lembaga sangat penting dalam memastikan Pilkada berlangsung aman dan tertib. Kami selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memetakan potensi kerawanan dan mengambil langkah preventif,” jelasnya.

Dia menambahkan, Satuan Brimob Polda Sulsel juga telah menyiapkan posko siaga dan tim respons cepat di beberapa titik strategis. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya respon yang cepat dan tepat terhadap setiap situasi darurat yang mungkin terjadi.

Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang solid antar lembaga, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel optimis dapat menjalankan tugas pengamanan Pilkada serentak dengan baik.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan demokrasi dapat berjalan dengan lancar,” tutup Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.(*)

  • Bagikan