MYL Panen Raya Padi Musim Tanam II di Tabo-tabo

  • Bagikan
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) hadiri panen raya padi, musim tanam II, daerah irigasi Tabo-tabo, Senin (05/08/2024).

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) hadiri panen raya padi, musim tanam II, daerah irigasi Tabo-tabo, yang sekaligus dirangkaikan dengan menggelar rapat koordinasi Komisi Irigasi, Senin (05/08/2024).

Bupati Pangkep, MYL mengatakan, suatu kesyukuran karena terlaksananya panen raya padi. Yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena peningkatan produksinya.

“Pemkab Pangkep dan balai terkait, selalu dipantau peningkatan hasil produksi. Semoga dengan air yang bagus, cara tanam yang bagus. Kita berharap, hasil panen ada peningkatan produksi, ” katanya.

“Pemkab Pangkep, dinas pertanian dan penyuluh siap sedia memberikan ilmu terbarukan yang dapat diaplikasikan, “tambah MYL.

Ketua komisi Irigasi Pangkep, Iman Takbir menyampaikan, tema kegiatan kali ini yaitu “meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas pertanian melalui modernisasi irigasi untuk mewujudkan kedaulatan pangan”.

Panen raya hari ini katanya, merupakan wujud komitmen Bupati Pangkep. Tahun sebelumnya, sejumlah area irigasi gagal panen karena banjir. Permasalahannya karena banjir akibat sedimentasi.

“Alhamdulillah, tahun 2023 – 2024 sudah dilakukan rehabilitasi yang menelan anggaran Rp60M lebih, ” katanya.

Sebelum direhab lanjut Iman, hanya 3 hektar yang dapat dialiri irigasi Tabo-tabo. Setelah direhab, 6ribu hektar telah dailiri dengan.

“Bahkan peningkatan produksi pertanian kita 183℅. Harapan kita kedepan, adanya daerah irigasi Tabo-tabo ini kita harpkan partisipasi masyarakat untuk menjaganya, ” jelasnya.

Rehabilitasi irigasi Tabo-tabo selama 10 bulan. Menggunakan anggaran Bank dunia melalui satker BBWS Pompengan Jeneberang. (Atho)

  • Bagikan