HMI Koorkom UMI Gelar Dialog Publik, Harap Pilkada Serentak Punya Kualitas Untuk Bangsa

  • Bagikan
Dialog Publik yang digelar HMI Koorkom UMI, Jumat (9/8)

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Himpunan Mahasiswa Islam Kordinator Komisariat Universitas Muslim Indonesia (HMI Koorkom UMI) menggelar dialog publik membahas soal Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Dialog publik yang bertemakan “Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam menyambut Pilkada serentak yang demokratis 2024” itu digelar di sekretariat DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar, Jalan A.P Pettarani 2 yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa.

Ketua umum HMI Koorkom UMI, Ardyansyah Rahmat mengatakan jika tujuan dialog publik digelar untuk mewujudkan Pilkada serentak yang berkualitas.

“Jadi memang kita menggelar dialog publik ini untuk bagaimana kita bisa mewujudkan Pilkada serentak ini bisa aman, jujur dan adil serta kondusif dan damai dan yang paling penting yakni sesuai dengan harapan masyarakat,” ungkap Ardyan kepada wartawan Jumat (9/8) sore.

Lebih lanjut, Ardyan mengatakan jika Pilkada seringkali melahirkan konflik apabila pihak penyelengara pilkada tidak bersifat netral. Sehingga menurutnya peran masyarakat sangatlah penting dalam menyukseskan Pilkada serentak. 

“Karena bagaimanapun upaya yang dilakukan penyelengara dan juga pemerintah untuk Pilkada yang berkualitas tapi ketika masyarakat masih apatis maka upaya itu hanya akan sia-sia,”ujarnya.

Olehnya itu ia berharap agar penyelenggaraan Pilkada serentak nantinya dapat berlangsung dengan baik serta menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi.

“olehnya itu semoga masyarakat, pemuda dan mahasiswa termasuk pihak penyelenggara pilkada baik itu pemerintah serta aparat dapat memaknai bahwa pilkda serentak ini sebagai proses perubahan bangsa yang semakin berkualitas,” harapnya. (*)

  • Bagikan