Polemik Paskibraka Diwajibkan Lepas Jilbab, Jubir Prabowo Garansi Hal Ini

  • Bagikan
Paskibraka 2024

JAKARTA, BACAPESAN.COM –– Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak prihatin atas isu pelarangan penggunaan jilbab bagi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024 yang akan bertugas dalam peringatan HUT RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dahnil menyatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait untuk menangani masalah tersebut.

“Saya ikut prihatin dan sudah berkomunikasi dengan para pihak,” ujar Dahnil dalam keterangannya di aplikasi X @Dahnilanzar (14/8/2024).

Ia menegaskan keberatannya terhadap kebijakan tersebut dan memastikan bahwa pada sesi gladi bersih, anggota Paskibraka yang mengenakan jilbab akan tetap diperbolehkan mengenakannya.

“Saya menyatakan berkeberatan, dan hari ini pada sesi gladi bersih, InsyaaAllah, yang menggunakan jilbab tetap mengenakan jilbabnya,” ucapnya.

Dahnil juga mengimbau agar tidak ada upaya-upaya provokatif yang dapat mengganggu kehidupan toleransi beragama di Indonesia.

“Mohon tidak ada lagi upaya-upaya provokasi yang mengganggu kehidupan toleransi beragama kita,” tukasnya.

Menurutnya, pemaksaan seragam tanpa mempertimbangkan keyakinan individu merupakan bentuk kemunduran dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

  • Bagikan