Bincang Tokoh 4 Jusuf Meriahkan Dies Natalis Unhas ke-68

  • Bagikan
Prescon Dies Natalis Unhas

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seminar Internasional bertajuk “Bincang Tokoh 4 Jusuf dalam rangka Dies Natalis Unhas ke 68 yang akan di rayakan di Unhas Hotel and Convention pada Senin 2 September 2024 mendatang.

Keempat tokoh Jusuf yang dibahas dalam kuliah umum ini adalah Syeh Jusuf, Jenderal Jusuf, Jusuf Habibie dan Jusuf Kalla. Keempat tokoh ini merepresentasikan hebat Bugis-Makassar.

“Keempat Jusuf ini diberi kesempatan menjadi pemimpin nasional, maka semuanya kita bedah menjadi empat etos,” jelas Prof Hamid Awaluddin, salah satu pembicara nantinya di Kampus Unhas pada Kamis (15/8/2024).

Diskusi akan dibuka oleh ulasan 4 orang tokoh terkait budaya Bugis-Makassar.

Ada Guru Besar FIB Unhas Prof Nurhayati Rahman, Antropolog School of Humanities and Social Science Tokyo Metropolitan University Prof Mokoto Ito.

Lalu ada Pemerhati Budaya dan Penyusun Kamus Bugis-Inggris-Indonesia Doughlas Laskowske serta Diplomat Afrika Selatan sebagai Dubes untuk Amerika Serikat 2010-2015 Ebrahim Rasool.

Sementara itu, Empat Jusuf akan diulas oleh empat tokoh berbeda. Syeh Jusuf diulas Sejarawan dan Birokrat Indonesia Dr Anhar Gonggong.

“Tokoh itu sangat penting untuk kita ketahui, jadikan pembelajaran dan sejarah menunjukkan selalu ada tokoh merepresentasi karakter, semangat dan hal sifatnya simbolik wilayah. Kita angkat dari Sulsel,” jelas Prof Jamaluddin Jompa.

“Kita harap ini memberikan penghormatan bagi beliau yang menjadi tokoh Sulsel dan tokoh nasional,” lanjutnya.

Rencananya, diskusi ini akan digelar secara hybrid untuk masyarakat Sulsel maupun warga Internasional. (Hikma)

  • Bagikan