Jelang Pendaftaran Paslon, Polres Tator Gelar Apel Pasukan dan Simulasi Sispamkota

  • Bagikan
Kegiatan Apel siaga dan simulasi Sispamkota yang digelar Polres Tator.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Jelang pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah (kada), pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2024, Polres Tana Toraja (Tator) gelar simulasi Pelatihan Kepolisian Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Ops Mantap Praja 2024-2025 pengamanan pilkada, yang diawali dengan apel pasukan kemudian dilanjutkan dengan simulasi di Plaza Kolam Makale, Kamis, 15 Agustus 2024.

Kegiatan diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo, dan dihadiri dari Bupati Tator yang diwakili Sekda,dr. Rudy Andi Lolo, Perwakilan Dandim 1414 Tator, Ketua Pengadilan, Kepala Kejaksaan Negeri Tator, KPU, Bawaslu, OPD dan stakholder terkait dan personil Polres.

Kemudian dilanjutkan dengan disimulasikan tentang proses pengamanan massa yang berdemonstrasi karena ketidakpuasan akan hasil pemilihan. Giat ini diadakan untuk memastikan kesiapan personil Polres Tana Toraja dalam mengantisipasi dan menangani berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo saat menyampaikan amanatnya dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa operasi Mantap Praja tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan purna pelaksanaan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif khususnya di wilayah Tana Toraja.

“Terwujudnya Pilkada aman, lancar, damai, senang dan gembira adalah harapan kita semua, sehingga untuk mewujudkannya Polri Polres Tana Toraja bersama TNI, Pemda, dan seluruh instansi terkait serta masyarakat Tana Toraja harus saling mendukung dan bersinergi,” kata Malpa.

Dirinya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Tana Toraja dan semua pihak terkait dengan penyelenggara, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan dan memelihara kondusifitas kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada.

Dan kepada personil Polres diriya menyampaikan penekanan tentang 11 (sebelas) point yang harus dipedomani dan dilaksanakan dalam pengamanan nantinya yang akan bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2024 ini, yakni pertama memastikan seluruh personil dan peralatan yang digunakan dalam mendukung operasi telah siap secara optimal, kedua deteksi dini terhadap potensi ancaman yang dapat mengganggu kamtibmas, ketiga selalu update informasi dan situasi dilapangan, keempat pastikan pengawalan logistik pilkada mulai dari distribusi hingga pengumpulan kembali secara ketat dan cermat, kelima pastikan seluruh TPS mendapatkan pengamanan yang memadai, keenam Bantu fasilitas kelancaran pemungutan suara, ketujuh siapkan fisik dan mental serta disiplin dalam menjalankan tugas, kedelapan kenali dan kuasai wilayah tugas dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas, serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas, kesembilan pegang teguh komitmen netralitas dan integritas, kesepuluh tingkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi, Kerjasama dan komunikasi yang baik antar instansi dan stakeholder terkait serta seluruh komponen dan elemen masyarakat dan tetap waspada terhadap upaya-upaya pihak tertentu yang ingin mengacaukan atau menghambat pilkada.

Dengan adanya kegiatan apel siaga dan simulasi Sispamkota tersebut diharapkan personil Polres akan selalu waspada dan siap menghadapi sekali situasi selama tahapan pilkada berlangsung hingga penetapan nantinya, dan berharap pilkada bisa berjalan dengan aman, tertib, sukses dan damai. (Cherly)

  • Bagikan

Exit mobile version