Pemkot Parepare Gelar Nikah Massal, Pj Wali Kota Beri Hadiah kepada Pengantin

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaksanakan kegiatan Nikah Massal dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79 di Mal Pelayanan Publik, Jalan Bandar Madani, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Jumat (16/8/2024), siang.

Nikah massal diikuti 5 pasangan yaitu, Edy dan Inarti, Bahtiar dan Servina, Hendra Saputra dan Mariana, Anas dan Sartina, serta Firman dan Nuraeni.

Dalam acara itu, dihadiri keluarga mempelai, wali, penghulu, dan Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali selaku saksi. Hadir pula Kepala DPMPTSP, St Rahmah Amir, Kepala Inspektorat Iwan Asaad, Kepala Disdukcapil Suriani, dari Kemenag Parepare, maupun KUA, serta pejabat Pemkot dari beberapa SKPD.

Satu per satu mempelai laki-laki melaksanakan ijab kabul. Beberapa dari mereka melakukan dengan lancar, namun ada juga yang harus diulang hingga tiga kali, baru dikatakan sah oleh saksi.

Pj Wali Kota Akbar Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan nikah massal dilaksanakan sebagai rangkaian dalam memeriahkan HUT RI ke 79.

“Saya sebagai wali kota sangat bersyukur karena tugas kami memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, salah satunya memberikan kesempatan nikah massal,” ujarnya.

“Alhamdulillah tadi sudah kita saksikan. saudara Bahtiar dengan pasangannya, Firman, Hendra, Edi, Anas dengan pasangannya,” tambah Akbar Ali.

Rata-rata yang melaksanakan nikah massal adalah mereka yang telah menikah sebelumnya namun tidak tercatat dalam negara (siri).

Akbar Ali mengingatkan bahwa pernikahan siri atau tidak secara negara dapat merugikan pihak perempuan.

“Perlu disampaikan kalau kita nikah siri saja yang dirugikan adalah kaum perempuan. Disarankan harus menikah secara negara,” ucapnya.

Kata Akbar Ali, Pemkot Parepare senantiasa memfasilitasi untuk pelaksanaan nikah massal. Bahkan, tempat kegiatan yang lebih luas bakal disiapkan.

“Selama masih ada mau nikah massal, biar berapa (pasangan) kita siapkan. Selanjutnya kita kasih tempat lebih bagus lagi. Bisa di Auditorium Bj Habibie. Kalau perlu kita potongkan sapi,” kata Akbar Ali.

Akbar Ali juga mendoakan kelima pasangan agar menjadi pasangan yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah (Samawa).

“Semoga jadi keluarga sakinah mawaddah warahmah. saling memberi, mengasihi, dan menyayangi,” katanya.

Pj Wali Kota Akbar Ali juga memberikan hadiah kepada mempelai usai berfoto bersama. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version