IKA dan OSIS Smandel Makassar Kolaborasi Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 

  • Bagikan
IKA dan OSIS Smandel Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 8 (Smandel) Makassar berkolaborasi dengan pengurus Organisasi Siswa (OSIS) Smandel menggelar Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79 Tahun.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari atau sejak 23 hingga 25 Agustus 2024 dengan diisi berbagai kegiatan menariik. Mulai dari Lomba Lari Kelereng, Lomba Lari Karung, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Domino, dan Lomba Karoke.

Ketua IKA Angkatan 98 Smandel Makassar Syahrul Juaksha mengungkapkan, kegiatan hari ini merupakan puncak dari Semarak Kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi RI yang digelar secara kolaboratif antar IKA Smandel dengan pihak sekolah. 

“Jika tahun-tahun sebelumnya kami melaksanakan kegiatan HUT RI di sekolah di masing-masing angkatan, maka kali ini kami menginisiasi untuk dilaksanakan secara kolaborasi,” ungkapnya, di sela-sela Puncak Semarak Kemerdekaan “Kolaborasi, Sinergi, Silaturahmi antar IKA Smandel dan OSIS, di SMA Negeri 8 Makassar, Jalan Andi Manggerangi, Minggu, (25/08/2024). 

Lanjutnya, kegiatan ini selain digelar dalam rangka mempererat silaturahmi antara sesama IKA, maupun IKA dengan civitas akademika Smandel Makassar juga sebagai upaya dalam menanamkan jiwa nasional kepada para siswa. 

“Sangat penting kita meningkatkan kualitas diri dalam rangka mempersiapkan diri memberi kontribusi dalam proses pembangunan RI ini. Karena mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang bermanfaat ini juga menjadi agenda besar,” terangnya.

Menurut Syahrul, sebagai generasi penerus tentunya harus menyiapkan diri di tengah tantangan yang kian berat kedepannya. 

“Makanya lewat kegiatan ini kami ingin menanamkan jiwa nasional kepada adik-adik kami. Dari kegiatan ini juga diharapkan terbangun komunikasi yang baik antara sesama alumni, alumni dengan adik-adik siswa, maupun seluruh guru, dan para pihak sekolah lainnya,” harap Syahrul.

Menurutnya, makna kemerdekaan kali ini merupakan sebuah upaya untuk maju dalam hal-hal positif. Salah satunya diimplementasikan melalui upaya menyatukan seluruh pihak dalam IKA Smandel Makassar.

“Kita saat ini berlatar belakang banyak profesi dan sebagainya, makanya kami mau satukan kekuatan ini untuk membuat konsep baru bagaimana IKA bisa memberi dan mengambil peran untuk membangun dan membuat Indonesia lebih maju,” tegasnya. 

Sementara, Wakil Ketua Panitia Takdir Nyompa mengatakan, dalam kegiatan ini selain diisi berbagai lomba juga diramaiakan dengan pameran kuliner yang diikuti oleh pelaku usaha dari IKA Smandel Makassar dengan tujuan sebagai ajang promosi. 

“Harapan kita silaturahmi ini bisa terjalin terus antara pengurus IKA dengan civitas Smandel Makassar. Kita harapkan ini akan menjadi agenda tahunan kita bersama,” katanya.

Dalam kolaborasi ini didukung oleh seluruh angkatan IKA Smandel Makassar mulai dari angkatan 1985 hingga 2023. Bahkan, dalam setiap angkatan terlihat antusias untuk terlibat dalam kegiatan ini. 

“Kita akan melaksanakan kegiatan ini setiap tahun agar semakin erat lagi komunikasi kita semua. Makanya di peringatan Kemerdekaan ini kami harap terus bisa memberikan hal positif bagi alumni dan sekolah kita,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Hukum dan Organisasi IKA Smandel Makassar Ivan Kalalembang menambahkan, pihaknya bersama tim menginisiasi kerjasama dengan Bank BNI untuk pembuatan KTA sekaligus ada beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan. 

Kerjasama BNI dalam pembuatan KTA dengan sistem ini pun baru dimiliki dua sekolah di Sulawesi Selatan yakni SMA Negeri 1 Makassar, dan SMA Negeri 8 Makassar

“Ini kami garap hanya dalam waktu satu bulan, teman-teman sangat bekerja dengan cepat. Termasuk pihak BNI yang juga sangat cepat membuat KTA ini,” jelasnya. 

Pembuatan KTA ini pun akan dibuat beberapa tahapan, tahap pertama telah dicetak sebanyak 287 KTA. Selain itu, KTA ini akan terintegrasi dengan aplikasi yang berbasis webb melalui aplikasi Sistem Informasi Teknologi yang Berbasis Genggaman. 

“Dalam webb ini menghubungkan portal kami, dan salah satu didalamnya ada basis data semua anggota IKA. Baik nama, angkatan, pekerjaan, dan lainnya yang dibagi per alumni,” terang Ivan. (*)

  • Bagikan