Taufiqurrakhman Kembali ke SulselJadi Kepala Kantor Wilayah, Begini Sosoknya

  • Bagikan
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Baru, Taufiqurrakhman

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Taufiqurrakhman, S.Sos., S.H., M.Si. kembali ke Sulawesi Selatan menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel). Ini ditandai setelah serahterima jabatan dari Plt. Kakanwil Sulsel, Indah Rahayuningsih yang dilaksanakan di Aula Pancasila Kanwil Sulsel, Kamis (29/8).

Serah terima jabatan ini disaksikan langsung oleh staf ahli Menteri Hukum dan HAM bidang Reformasi Birokrasi, Asep Kurnia.

Taufiqurrakhman merupakan Putra Kelahiran Jakarta, 18 November 1968, mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lembaga Pemasyarakat Kelas I Ujung Pandang pada tanggal 1 Maret Tahun 1991 setelah lulus dari Akademi Ilmu Pemasyarakat atau AKIP pada tahun 1990.

Sejak menjadi pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Ujung Pandang yang kini menjadi Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar, Taufiqurrakhman dikenal sebagai pribadi yang pemberani, disiplin dan profesional.

Ia melaksanakan tugas pertamanya sebagai Staf Kesatuan Pengamanan dan Pembinaan dan tinggal di Kompleks Lapas yang dikenal dengan sebutan Kolepas. Hingga pada tanggal 19 September Tahun 1999, Taufiqurrakhman meninggalkan Sulawesi Selatan dan mendapat promosi jabatan pertama sebagai Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja pada Rumah Tahanan Negara Kelas I Medaeng Kanwil Jawa Timur yang sekarang bernama Rutan Surabaya.

Taufiqurrakhman memiliki karir yang cemerlang di berbagai Kantor Wilayah dari Indonesia Bagian Barat, Tengah sampai Indonesia Bagian Timur di Papua Barat. Mulai dari Kepala Kesatuan Pengamanan, Kepala Seksi, Kepala Bidang, Kepala Rutan, Kepala Lapas, Kepala Divisi dan Kepala Kantor Wilayah yang sudah dijabat olehnya.

Pada tanggal 14 Agustus 2024, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly melantik Taufiqurrakhman menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan. Hingga pada hari ini, tanggal 29 Agustus 2024, Putra yang ramah dipanggil Daeng Parani di Sulsel ini mulai melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Kantor Wilayah.

Taufiqurrakhman dalam menjalankan tugas dan bekerja memegang teguh 3 Hal, Yakni selalu berawal Dari niat untuk kebaikan, Menghindarkan hati Dan pikiran dari hal – hal Negatif, dan memiliki komitmen Tinggi serta Integritas moral yang kuat dalam melaksanakan tugas.

Ketiga hal tersebut selalu mewarnai kepemimpinan beliau di berbagai Kantor Wilayah sehingga dapat melahirkan Kinerja yang profesional dan berbagai prestasi.

Selain hal diatas, dalam bekerja taufiqurrakhman selalu berusaha sesuai dengan jalurnya dan mengedepankan komunikasi dua arah agar organisasi yang dipimpinnya berjalan dengan baik. (*)

  • Bagikan