Jokowi Sambut Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usai rapat soal ketibaan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (3/9/2024).

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan selamat datang kepada Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia, dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

“Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang sangat mulia dari Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus,” ungkap Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disampaikan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2024), dikutip dari ANTARA.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ia baru saja melaksanakan rapat terakhir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo di Istana Merdeka.

Rapat tersebut membahas persiapan ketibaan Paus Fransiskus di Indonesia, yang diperkirakan akan tiba pada pukul 11.30 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Presiden Jokowi menilai kunjungan Paus Fransiskus sebagai peristiwa yang sangat bersejarah. Kunjungan ini telah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

“Ini merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Paus Paulus VI pada 1970, dan Paus Yohannes Paulus II pada 1989,” tambahnya.

Selama empat hari kunjungannya, Paus Fransiskus akan melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan perwakilan masyarakat, serta tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal. Pada Kamis (5/9), Paus juga akan memimpin Misa Suci Akbar di Gelora Bung Karno (GBK). (fajar online)

  • Bagikan