Lima Kepala Daerah di Sulsel Ikut Pilkada 2024, Pemprov Segera Tunjuk Penjabat Sementara

  • Bagikan
Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel, Idham Kadir

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Lima Daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal dinahkodai Penjabat sementara (Pjs) Kepala Daerah menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kepala Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel, Idham Kadir mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan kandidat yang akan menjadi Pjs pada lima kabupaten.

Kata dia, Kabupaten Bulukumba, Toraja Utara, Luwu Timur, Maros, dan Kota Makassar para kepala daerahnya akan berkontes pada Pilkada kali ini.

“Jadi kepala daerah yang akan maju sebagai kandidat calon kepala daerah itu akan digantikan oleh Pjs,” ungkapnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Selasa (3/9/2024).

Ia mengutarakan, Pemprov Sulsel mengusulkan tiga orang kepada Pj Gubernur Sulsel untuk masing-masing daerah. Jika diasumsikan dengan jumlah daerah itu, maka sebanyak 15 orang akan menjadi kandidat Pjs dengan pangkat eselon II Lingkup Pemprov Sulsel.

“Nama-nama dari kami akan diusulkan ke Kemendagri,” ungkapnya.

Kata dia, pihak pemprov Sulsel akan segera menetapkan nama yang diajukan sebagai Pjs Itu. Untuk Informasi, penetapan pasangan calon kepala daerah oleh KPU pada 22 September 2024 mendatang, terhitung sudah kurang dari tiga pekan untuk penetapan calon itu.

Idham mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya sudah menerima ajuan cuti dari dua kepala daerah yang sudah memasukkan surat cuti tersebut, yaitu Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Bupati Bulukumba bersama wakilnya yang juga sudah mengirimkan surat ajuan cuti.

“Kami sampai saat ini baru menerima dua Kepala Daerah yang mengajukan cuti, yakni dari Walikota Makassar dan Bupati Bulukumba, ini baru kami mau proses,” ungkapnya. (Abu)

  • Bagikan