Krisis e-Materai, BKN Izinkan Pelamar CPNS 2024 Pakai Materai Tempel

  • Bagikan
Pengumuman BKN

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan kebijakan yang membawa angin segar bagi pejuang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Pelamar kini bisa mendaftar menggunakan materai tempel.

Itu tertuang melalui Surat Kepala BKN Nomor 5915/B-SI.02.03/SD/E/2024 tentang Penggunaan Meterai Pada Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun Anggaran 2024.

Hal itu disebut dilakukan untuk memudahkan para pelamar. “Untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada calon pendaftar dalam menyelesaikan persyaratan administrasi, maka bersama ini kami sampaikan bahwa pada pendaftaran seleksi CPNS 2024 diperkenankan calon pendaftar menggunakan e-meterai maupun meterai tempel,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN dikutip dari keterangan resmi, Kamis (5/9/2024).

Sebelumnya pemerintah panen kritik usai mewajibkan penggunaan materai elektronik. Banyak sekali keluhan.

Materai itu akan dibubuhkan di surat pernyataan pendaftar. Kemudian surat lamaran pendaftar yang ditujukan pada instansi.

Namun sialnya, hingga Kamis 5 September 2024, masih banyak calon pendaftar yang belum bisa membeli e-materai. Baik itu pada situs resmi seperti materai-elektronik.com, maupun situs alternatif lainnya.

Umar, bukan nama sebenarnya, mengeluhkan hal tersebut. Pria umur 24 tahun itu sudah lima hari terakhir berusaha mengakses website resmi penjualan e-materai, namun hasilnya nihil.

  • Bagikan