Seragam Sekolah Gratis Seto-Kiki Jadi Dambaan Orangtua Siswa di Makassar

  • Bagikan
Rezki Mulfiati Lutfi berfoto dengan warga di Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Para orangtua siswa di Kota Makassar ternyata sangat mengidam-idamkan program seragam sekolah gratis yang digagas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi.

Salah satu program yang tertuang dalam “Makassar Nyaman” itu dianggap dapat meringankan beban orangtua bagi anak-anaknya dalam mengenyam pendidikan di tingkat SD dan SMP. Seperti pengakuan salah seorang warga Kecamatan Biringkanaya, Nurhayati (30). Dikatakan, program seragam sekolah gratis adalah kebutuhan nyata masyarakat, utamanya kelas bawah dan menengah.

“Setiap awal tahun ajaran, saya selalu merasa terbebani karena harus membeli seragam dan buku baru untuk anak-anak saya yang sekolah di SD dan SMP. Beban biaya ini sangat terasa, apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini,” ucap Nurhayati kepada Seto dalam pertemuan silaturahmi di Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, pada Kamis (5/9) sore.

Ia pun berharap, program seragam sekolah gratis dapat segera terwujud pada tahun depan agar meringankan beban orangtua siswa. “Kita doakan pasangan Seto-Kiki mendapat amanah memimpin Kota Makassar sehingga program seragam sekolah gratis dapat dinikmati pada tahun ajaran 2025,” harapnya.

Merespon hal tersebut, Seto pun berkomitmen untuk segera merealisasikan program seragam sekolah gratis bila mendapat amanah untuk mengabdi dan melayani masyarakat Kota Makassar sebagai wali kota. “Kita ingin menghadirkan pendidikan yang paripurna. Ibu-ibu tidak perlu lagi memikirkan biaya seragam sekolah yang menghantui jelang tahun ajaran baru,” kata Seto disambut tepuk tangan dari emak-emak yang hadir.

Seto, yang lahir pada 1983, memastikan bahwa program ini akan menjadi prioritas dan langsung dilaksanakan pada tahun pertama masa kepemimpinannya. Program serupa telah sukses diterapkan di Kabupaten Sinjai saat menjabat sebagai bupati pada periode 2018-2023.

“Program seragam sekolah gratis sudah saya realisasikan saat mengabdi di Kabupaten Sinjai. Untuk itu, pengalaman tersebut sangat bisa diterapkan di Makassar, tanah di mana saya lahir dan besar,“ pungkas Alumni Monash Australia University ini.

Diketahui, pasangan Seto-Rezki menjadikan “Makassar Nyaman” sebagai pijakan utama untuk memajukan Kota Makassar. Tujuannya adalah menghadirkan Makassar sebagai kota yang lebih nyaman dan sejahtera. (*)

  • Bagikan