Desa Labawang Jadi Pelopor Keterbukaan Informasi APBDes di Wajo

  • Bagikan

WAJO, BACAPESAN.COM – Labawang menjadi pelopor transparansi penggunaan anggaran desa di Kabupaten Wajo.

Desa Labawang menyajikan informasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) secara terbuka kepada masyarakat.

Infografik pelaksana APBDes di Desa Labawang terurai lengkap disertai anggaran maupun sumber dana.

Selain itu, pendapatan, belanja, dan pembiayaan desa juga terlihat jelas terpasang di depan Kantor Desa Labawang, Jl Poros Makassar-Palopo.

Kepala Desa Labawang, Haeruddin mengungkap jika transparansi dari tingkat desa adalah wujud pemerintah yang bersih dan transparan. Apalagi, Peraturan Desa Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pertanggung Jawaban Realisasi APBDes sudah jelas.

“Kita ini bagian dari pemerintah dan masyarakat. Sehingga apa yang dikerjakan pemerintah wajib diketahui masyarakat. Khususnya terkait pendanaan,” ungkapnya, Rabu (11/9/2024).

Pihaknya juga berkomitmen penuh atas keterbukaan informasi publik yang berkaitan dengan kebijakan, program, dan kegiatan pemerintah desa. “Keterbukaan informasi publik memungkinkan warga lebih memahami dan dapat terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang akan memengaruhi kehidupan mereka,” tegas pria yang akrab disapa Aca itu.

Sementara, Pendamping Desa Kecamatan Keera, Alimsyah menyebut Desa Labawang adalah pelopor keterbukaan informasi.

“Tentu ini dapat menginspirasi desa-desa lainnya untuk berpacu membangun keterbukaan informasi, dan mendorong partisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik,” sebut Alimsyah.

“Layanan informasi yang transparan, akuntabel, dan partisipatif merupakan hal utama yang harus dijadikan indikator dalam mengelola pemerintah desa yang terbuka,” tandasnya. (*)

  • Bagikan