Golkar dan PPP Bentuk Fraksi di DPRD Parepare, Diisi Tujuh Kursi

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk fraksi gabungan di DPRD Kota Parepare.

Keputusan itu, setelah Ketua DPD I Partai Golkar Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan (Erat) bersama Ketua DPC PPP Kota Parepare, Jamaluddin melakukan penandatanganan nota kesepahaman pembentukan fraksi.

Penandatanganan itu, berlangsung di Markas Besar (Mabes), Jalan Bau Massepe, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kamis malam, 12 September 2024.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Fraksi Partai Golkar Hamran Handani, Wakil Ketua Kadarusman, Sekretaris Ilhamsyah Taufan, serta anggota Fraksi Golkar Kaharuddin Kadir dan Indriasari Husni.

Sekadar informasi, jumlah kursi Partai Golkar Kota Parepare ada lima dan PPP dua kursi. Jadi total gabungan kedua parpol menjadi tujuh kursi.

Kaharuddin Kadir yang juga Ketua Harian DPD II Partai Golkar Kota Parepare ini mengatakan, dalam nota kesepahaman ini, berisi tentang PPP bergabung di dalam Fraksi Partai Golkar.

“Jadi Fraksi Golkar ini, bukan lagi lima anggota fraksinya, tetapi tujuh. Karena ada tambahan dari PPP dua kursi. Kerja sama ini, bukan tiba-tiba,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga sudah melaporkan terkait pembentukan fraksi ini di DPD I Partai Golkar Sulsel.

“Welcome (terbuka) Pak Ketua DPD 1 Sulsel (Taufan Pawe), di suruh untuk meneruskan komunikasinya. Kami juga sudah melaporkan ke Ibu Ketua DPD 2. Dan Ibu ketua juga mempersilahkan kita untuk menindaklanjuti,” jelasnya.

Bahan kata dia, Ketua DPD Partai Golkar Sulsel Taufan Pawe menelpon Wakil Ketua Umum DPP PPP, Amir Uskara untuk menyampaikan pendatangan nota kesepahaman ini.

“Pak Amir Uskara merespon sekali dan silakan untuk menindaklanjuti. Pada prinsipnya, Pak Amir Uskara menjamin kerja sama ini,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, penandatanganan nota kesepahaman itu tercantum di alat perlengkapan DPRD berdasarkan musyawarah mufakat dalam menjalin kerja sama.

“Contohnya, kalau di Banggar dengan bergabungnya kami menjadi tujuh (kursi di DPRD). Tentu hitung -hitunganya menjadi tiga orang wakil Fraksi Golkar (gabungan PPP) di Banggar. Porsi Golkar dua, porsi PPP satu,” ujarnya.

Sehingga kata dia, kerja sama ini bisa berjalan dengan baik dan secara profesional.

“Dan begitupun alat kelengkapan lain (di DPRD) selalu nanti kota fokuskan berdasarkan musyawarah dan mufakat,” katanya.

Kaharuddin juga menegaskan, meski di pikada Parepare PPP dan Golkar masing-masing mengusung calon lain. Di mana Golkar mengusung Erna Rasyid Taufan bersama Rahmat Sjamsu Alam (Erat Bersalam).

“Tetapi, kenapa di fraksi bisa sama, itulah seni dalam politik. Mungkin, di suatu wilayah tertentu kita bisa berhadapan-hadapan. Tetapi di wilayah lain, kita sama. Tentu, kita tidak mengganggu PPP di Pilkadanya, tetapi kita kerja sama di DPRD,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendatangan ini juga membentuk komitmen bersama untuk mengawal pemerintahan ke depannya.

Sementara Ketua, DPC PPP Kota Parepare, Jamaluddin mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar yang membuka ruang untuknya.

Saya berterimakasih sekali dibuka kan pintu. Dalam memberikan ruang untuk bisa bergabung,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version