Selama Menjabat Karutan Makale, Luther Tinggalkan Banyak Legasi

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman mengapresiasi Kinerja Luther Toding Patandung yang selama menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale (Rutan Makale)

MAKALE, BACAPESAN.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman mengapresiasi Kinerja Luther Toding Patandung yang selama menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale (Rutan Makale) memberikan banyak legasi membuat Rutan Semakin Aman, Tertib dan Berpresasfi.

“Luther menjabat Kepala Rutan Makale cukup lama dan banyak mengubah rutan menjadi Satuan Kerja yang berprestasi. Keadaan Rutan semakin aman dan tertib serta produktif,” ungkap Taufiqurrakhman.

Berbagai program telah dilaksanakan oleh Luther T. Patandung dan mendapat berbagai penghargaan diantaranya Pengeloan Keuangan Terbaik tahun 2019, Terbaik Ketiga Pengelolaan IKPA Tahun 2020 dan 2021, Terbaik Kedua Pengelolaan IKPA Tahun 2024, Pelaksana Teknis Terbaik tahun 2021 dan 2023,  serta Penghargaan dalam Pembangunan Zona Integritas tahun 2020 s.d 2022.

Selain itu, proses pembinaan Kemandirian dan Kerohanian berjalan dengan baik di Rutan Makale. Pembinaan kemandirian ini berhasil menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai targeti setiap bukannya.

Menurut Kakanwil, menjabat selama 8 Tahun 3 Bulan cukup lama dan pastinya, jalinan kekeluargaan antara Pegawai dan Warga Binaan terjaga dengan baik.

“Keadaan yang harmonis, tertib dan aman ini tidak terlepas dari peran dari tiga unsur diantaranya peran petugas pemasyarakatan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Jajaran Forkopimda serta Unsur terkait lainnya. Jika hal ini dikaksanakan dengan baik maka kinerja sebagai petugas pemasyarakatan akan berhasil,” kata Kakanwil.

Taufiqurrakhamn dalam menurut sambutannya berpesan kepada Kepada Kepala Rutan yang Baru, Rahmat Efendi untuk segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar dapat menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan pihak lain.

Bupati Kabupaten Tana Toraja yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja,  dr. Rudhy Andi Lolo juga mengapresiasi kinerja Karutan sebelumnya yang selama menjabat menjalin kolaborasi dan sinergitas yang luar biasa.

“Pengabdian yang panjang oleh Karutan yang lama, Luther Patandung di Rutan Makale memberikan banyak perubahan di Rutan Makale. Terima kasih atas pengabdiannya di Rutan Makale dan selalu hadir dalam memberikan kontribusi terhadap Pemda Tana Toraja,” jelas Rudhy.

Serah terima jabatan ini turut dihadiri jajaran forkopimda Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Kepala OPD Kabupaten Tana Toraja, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Manajerial Kanwil Sulsel serta Jajaran pegawai Rutan Makale. (*)

  • Bagikan