Brimob Bone Gelar Upacara Tradisi Penyucian Tunggul Batalyon C Pelopor  Sat Brimob Polda Sulsel “Tenri Betta” 

  • Bagikan
Brimob Bone menggelar upacara tradisi penyucian Tunggul Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel “Tenri Betta” di Aula Mako Batalyon C Pelopor, Jl MH Thamrin No. 70 Watampone, Jum'at, (13/09/2024).

BONE, BACAPESAN.COM – Dalam rangka memperingati HUT Ke 65 Pelopor Korps Brimob Polri, Brimob Bone menggelar upacara tradisi penyucian Tunggul Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel “Tenri Betta”  di Aula Mako Batalyon C Pelopor, Jl MH Thamrin No. 70 Watampone, Jum’at, (13/09/2024).

Upacara tradisi Penyucian Tunggul dipimpin oleh Komandan Batalyon ( Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel AKBP Nur Ichsan, S.Sos., M.Si dan diikuti oleh para Pasi, Danki, Danton serta seluruh personel Batalyon C Pelopor.

AKBP Nur Ichsan menjelaskan bahwa upacara tradisi penyucian Tunggul Batalyon C Pelopor Tenri Betta ini memiliki makna pembersihan diri atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu.

“ Kegiatan ini sebagai simbol penyapuan kesalahan dan kekurangan yang telah terjadi di masa lalu dan semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” ungkap Danyon Ichsan.

“Kemudian memercikkan air ke Tunggul dengan kuas bermakna setiap personel diharapkan memiliki sifat seperti mata air atau air mengalir yang memberikan manfaat bagi banyak orang, memiliki kepribadian yang pantang menyerah, kepribadian yang tangguh, meski banyak rintangan yang menghalangi akan terus mencari jalan keluar sekecil apapun sebagai motivasi dan dedikasi dalam pelaksanaan tugas,” tambah AKBP Nur Ichsan.

Lanjut kata Danyon Ichsan, dalam tradisi ini juga ada kegiatan memberikan wewangian kepada Tunggul Tenri Betta yang bermakna semoga pengabdian yang telah dan akan dilaksanakan oleh personel Batalyon C Pelopor dapat mengharumkan nama kesatuan serta bangsa dan negara Indonesia.

Perwira menengah dengan pangkat dua bunga ini juga menambahkan, jika tradisi penyucian Tunggul Tenri Betta akan tetap dijaga dan dipertahankan untuk menjadi jati diri personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

“Gelaran ini bukan sekedar menjadi kegiatan seremonal semata, namun diharapkan sebagai momentum untuk kembali menggelorakan semangat pejuang Pelopor yakni Wajracena, yang menjadi tantangan dan tanggung jawab bagi setiap personel Pelopor Korps Brimob Polri untuk dapat selalu bergerak cepat dalam mengemban tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” pungkas mantan Kasubagrenmin Satbrimob Polda Sulsel.

Di moment HUT ke 65 Pelopor, Danyon Ichsan berharap dengan bertambahnya usia, seluruh personel Batalyon C Pelopor akan lebih profesional dalam menjalankan tugas, lebih dekat dan lebih dicintai oleh masyarakat.(*)

  • Bagikan