TIM PKM UMI Gelar Pelatihan Sadar Wisata di Rammang-Rammang

  • Bagikan
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI)

MAROS, BACAPESAN.COM – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan kegiatan pelatihan Sadar Wisata kepada kelompok Masyarakat Sadar Wisata Desa Wisata Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, beberapa waktu lalu.

Tim PKM UMI ini terdiri dari Dr. Kasma F. Amin dari Fakultas Sastra (Ketua), Dr. Harlina Usman, M.Si dari Fakultas Perikanan, dan Dr. Muliadi dari Fakultas Sastra (Anggota), serta mahasiswa pendamping MBKM hingga 2 orang alumni.

Tim ini melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat tentang persiapan mental dalam menghadapi tantangan dan permasalahan menyambut kunjungan wisatawan di Desa Wisata Rammang-Rammang.

Dr. Kasma menyebutkan bahwa saat survei awal di Desa Wisata Rammang-Rammang, tim menemukan permasalahan terkait mental masyarakat yang sangat rendah dalam menghadapi fluktuasi pengunjung desa wisata.

“Hal itu mulai menurun sejak kejadian Covid-19 tahun kemarin. Rendahnya keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam lokal juga menjadi permasalahan mitra sehingga sulit mendapatkan oleh-oleh khas desa wisata Rammang-Rammang,” jelasnya Kamis (19/9/2020),

Lebih jauh, Dr. Kasma menjelaskan bahwa potensi sumber daya alam yang menjadi andalan di Desa Rammang-Rammang, selain keindahan alam berupa sungai dan gua karst yang menakjubkan, juga terdapat sumber daya alam yang melimpah seperti ikan bandeng, nila, dan bebek, serta pohon nipah sepanjang sungai yang dapat digunakan untuk berbagai jenis keterampilan.

“Tim PKM 2024 dari UMI Makassar hadir untuk melatih Kelompok Masyarakat Desa Wisata untuk siap menghadapi wisatawan dan mampu memanfaatkan sumber daya alam lokal. Ibu-ibu di latih untuk mengolah ikan bandeng dan nila untuk oleh-oleh khas daerah wisata Rammang-Rammang menjadi Juku Kambu khas wisata Rammang-Rammang,” katanya.

  • Bagikan

Exit mobile version