Launching Pengawasan Partisipatif Pemilihan Serentak, Bawaslu Parepare Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Bawaslu Kota Parepare menglauncing pengawasan partisipatif pemilihan serentak tahun 2024.

Kegiatan itu, berlangsung di Alun-alun Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Sabtu malam, 21 September 2024.

Hadir Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Mardiana Rusli, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, HM Husni Syam. Hadir pula, Ketua Bawaslu Kota Parepare Muh Zainal Asnun, dan Ketua KPU Kota Parepare, dan tamu undangan lainnya.

Dalam launching itu, masyarakat Parepare dihibur dengan penampilan, band lokal Senada dan Nilam KDI.

Tak hanya itu, masyarakat juga dihibur dengan puluhan doprize menarik. Yakni, sepeda listrik, kulkas, mesin cuci, kompor dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Ketua Paniita Muhammad Amin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam partisipasi aktif pengawas pemilu dalam tahapan pilkada serentak.

Sementara Ketua Bawaslu, Muh Zainal Asnun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dia pun berpesan kepada masyarakat untuk menghindari politik uang. Sebab kata diia, Bawaslu Parepare mendorong pengawasan partisipatif.

“Salah satu makna kegiatan yang kita lakukan pada malam hari ini bagaimana masyarakat terlibat aktif dalam pengawasan pemilu. Salah satunya hindari politik uang,” katanya.

Dia menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mengawasi tahapan Pilkada, terutama selama masa kampanye yang akan dimulai pada tanggal 25.

“Pengawasan partisipatif adalah amanat undang-undang. Bukan hanya tugas penyelenggara, tapi keterlibatan seluruh pihak dan masyarakat sangat diperlukan,” ujarnya.

Asnun juga mengingatkan tentang bahaya politik uang dan sanksi tegas bagi pelakunya.

“Sanksi politik uang sangat keras. Hukuman penjara paling rendah 3 tahun. Mari kita berangkat dari diri sendiri untuk menghindari dan menolak politik uang, karena ini merusak demokrasi,” tegasnya

Senada disampaikan, Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan, pilkada ini milik semua pihak.

Sebab itu, diharapkan masyarakat Parepare harus bisa berkontribusi. Menurutnya, politik uang ini harus diperangi.

Karena itu, ia berharap semua pihak untuk menjaga pemilihan yang berkualitas di Parepare.

“Mari kita tetap menjaga pemilihan ini, agar tetap berkualitas. Parepare kota kecil namun menghasilkan tokoh besar. Parepare adalah kota terpelajar, secara branding Parepare merupakan tempat kelahiran BJ Habibie. Kota ini juga menjadi pusat wisata pendidikan,” jelasnya.

Sekda Parepare HM Husni Syam mengucapkan apresiasi setinggi tingginya atas dedikasi dan komitmen dalam menjaga stiap integrtias demokrasi di Parepare.(*)

  • Bagikan