KPU Parepare Tetapkan Nomor Urut, Ini Makna dan Filosofi dari Masing-masing Palson Wali Kota dan Wakil Wali Kota

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare.

Hasil pengundian menetapkan pasangan Andi Nurhaldin Nurdin Halid-Taqyuddin Djabbar (ANH-TQ) dengan nomor urut 1, Muhammad Zaini – Prof. Bakhtiar Tijjang (MZ-Berbakti) nomor urut 2, Tasming Hamid – Hermanto (TSM-MO) mendapatkan nomor urut 3, dan Erna Rasyid Taufan – Rahmat Sjamsu Alam (Erat Bersalam) dengan nomor urut 4.

Pengundian nomor urut itu berlangsung meriah, dengan dihadiri masing-masing pendukung ke empat paslon di Auditorium IAIN Kota Parepare, Senin, 23 September 2024.

ANH-TQ: Nomor 1 Simbol Kepemimpinan Tegas dan Visioner

Andi Nurhaldin Nurdin Halid menyampaikan rasa syukurnya atas perolehan nomor urut 1. Baginya, nomor tersebut bukan sekadar angka, melainkan simbol pemimpin yang tegas dan visioner.

“Nomor satu melambangkan awal yang baru, sebagai pemimpin yang menjadi pionir perubahan,” ujar ANH.

Ia berkomitmen untuk menjalani kompetisi dengan santun, mengedepankan program yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Taqyuddin Djabbar menambahkan bahwa dukungan masyarakat akan menjadi kekuatan utama dalam perjuangan mereka membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi Parepare.

MZ-Berbakti: Nomor 2 Tanda Gotong Royong dan Kemenangan

Pasangan MZ-Berbakti yang mendapatkan nomor urut 2, mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Parepare atas dukungan yang diberikan.

Muhammad Zaini menegaskan bahwa meski ia dikenal sebagai passompe (perantau), jiwa dan hatinya selalu terfokus pada Parepare.

“Kami berkomitmen mengedepankan dialog dengan semua elemen masyarakat. Gotong royong akan menjadi energi kami untuk membangun Parepare yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

MZ juga mengaitkan angka 2 dengan momen Pilpres, menyiratkan harapan kemenangan yang sama bagi MZ-Berbakti di Pilkada Parepare.

Nomor 2 ini, merupakan tanggal kelahiran kami berdua, dan juga menjadi nomor urut pemenang Pilpres. Semoga ini mengalir dan menjadi tanda-tanda kemenangan bagi MZ berBakti di Pilkada Parepare

TSM-MO: Nomor 3 Melambangkan Keseimbangan dan Kebijaksanaan

Bagi pasangan TSM-MO, angka 3 memiliki makna mendalam, terkait dengan filosofi Bugis yang mengajarkan keseimbangan, harmoni, dan kebijaksanaan. Tasming menegaskan bahwa konsep Tellu Cappa atau tiga prinsip utama, akan menjadi landasan kuat dalam kepemimpinan mereka.

“Kami percaya keseimbangan antara tata krama, keadilan, dan kepemimpinan yang baik akan menjadi pondasi untuk membangun Parepare yang lebih baik,” kata Tasming.

Selain itu, Hermanto juga menekankan pentingnya keadilan sosial dan tegaknya hukum dalam pemerintahan

Erat Bersalam: Nomor 4, Angka Keberuntungan dan Keseimbangan Alam

Pasangan Erat Bersalam mendapatkan nomor urut 4, yang mereka anggap sebagai angka keberuntungan. Erna Rasyid Taufan dalam sambutannya menyatakan bahwa apa pun hasil pengundian, itu adalah anugerah yang patut disyukuri.

“Dalam Alquran disebutkan bahwa bisa jadi kita tidak menyukai sesuatu, tetapi itulah yang terbaik bagi kita. Oleh karena itu, mari bersyukur dan menjaga proses dengan rendah hati,” ucap Erna.

Sementara itu, Rahmat Sjamsu Alam menambahkan bahwa angka 4 memiliki makna mendalam. Ia mengaitkan nomor tersebut dengan keberhasilan Taufan Pawe dan Andi Muzakkir Aqil yang terpilih sebagai anggota DPR RI dengan nomor urut yang sama.

“Angka ini adalah modal keberuntungan kami. Kami percaya, dengan dukungan masyarakat, kami dapat membawa Parepare lebih maju dan sejahtera,” jelas Rahmat.

Ia juga menghubungkan angka 4 dengan elemen alam, yaitu air, tanah, api, dan udara, yang menurutnya merupakan simbol keseimbangan.

“Dengan nomor urut ini, kami yakin dapat melanjutkan keseimbangan tersebut dalam membangun Parepare yang lebih baik,” tandasnya.(*)

  • Bagikan