Lantik Sekjen Kemenkumham, Supratman Andi Agtas: Sekjen Merupakan Penggerak Perubahan

  • Bagikan
Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) R.I, Supratman Andi Agtas resmi melantik Pimpinan Tinggi Madya, Yakni Irjen Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. sebagai Sekjen Kemenkumham

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) R.I, Supratman Andi Agtas resmi melantik Pimpinan Tinggi Madya, Yakni Irjen Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. sebagai Sekjen Kemenkumham menggantikan Komjen (P) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, yang kini menjabat Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham. Juga dilantik pejabat fungsional utama. Selasa (24/9/2024) pagi.

Mereka dilantik oleh Menkumham di Graha Pengayoman Gd. Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 6-7 Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kepala kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel), Taufiqurrakhman hadir secara langsung di Jakarta menyaksikan pelantikan tersebut. Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel lainnya turut menyaksikan pelantikan secara daring.

Menkumham Andi Atgas dalam pelantikan ini menyampaikan bahwa Setiap pemimpin pasti memiliki jejak yang ingin ditinggalkan. Jejak yang ditinggalkan Saudara Andap adalah sebuah pengingat bagi kita semua tentang pentingnya fungsi dan peran Sekretaris Jenderal dalam menyokong kelancaran administratif dan fasilitatif di kementerian ini.

“Saya dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih, dan memberikan penghormatan kepada Saudara Andap Budhi Revianto atas kerja  keras, komitmen, dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama menjabat. Sebuah perjalanan yang tidak hanya dihiasi dengan prestasi, tetapi juga tantangan yang telah dilalui dengan penuh semangat dan integritas,” ucap Menkumham dalam sambutannya

Selanjutnya Menkumham berpesan kepada Sekjen yang baru bahwa di Pundak beliau terletak harapan dan amanah yang besar. Sebuah posisi yang sangat strategis dan krusial, mengingat Sekretaris Jenderal merupakan tulang punggung dalam  manajemen dan administrasi di Kemenkumham.

“Sebagai Sekretaris Jenderal, Saudara bukan hanya sekedar pemimpin, tetapi juga sebagai penggerak perubahan. Tidak hanya membantu Kemenkumham dalam mencapai visi dan misinya, tetapi juga dalam menjaga kepercayaan publik terhadap institusi kita,” ungkap Menkumham

Selain melantik Sekjen Kemenkumham, Pada hari ini juga, dilantik Saudara Sofyan sebagai Pejabat  Fungsional Ahli Utama. “Jabatan fungsional Ahli Utama merupakan posisi strategis, yang menuntut keahlian, profesionalisme, serta dedikasi yang tinggi. Saya berharap, Saudara dapat membawa semangat pembaruan ini ke dalam setiap langkah yang diambil, sehingga kita dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Menkumham

Pada kesempatan ini juga Menkumham mengajak seluruh pegawai, untuk memberikan dukungan penuh kepada Para Pejabat yang baru dilantik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Mari kita bersama-sama bekerja keras, saling  berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan demi tercapainya tujuan bersama. Setiap individu memiliki peran dan kontribusi yang sangat berarti, sehingga kebersamaan dan sinergi kita akan memudahkan pencapaian visi dan misi Kemenkumham,” ajak Menkumham menutup sambutannya.

Terpisah, Taufiqurrakhman menyampaikan, dirinya hadir langsung untuk mendapatkan arahan dan sebagai bentuk dukungan kinerja terhadap Sekjen Nico Afinta.

“Saya meminta seluruh jajaran Kanwil Sulsel untuk terus berkinerja dengan baik dan memberikan dukungan yang besar terhadap bapak Sekjen Nico Afinta dalam melanjutkan kerja – kerja Sekjen sebelumnya Bapak Andap Budhi Revianto,” kata Taufiqurrakhman

Adapun Sekjen Menkumham Nico Afinta sebelumnya pernah menduduki sejumlah jabatan penting seperti Kapolrestabes Medan tahun 2013, Kabagbindik Sespimma Sespim Lemdiklat Polri tahun 2015, Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri tahun 2016, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya tahun 2016.

Kemudian menjadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2017, Karobinopsnal Bareskrim Polri 2018, Dirtipidum Bareskrim Polri tahun 2019, Sahlisospol Kapolri, Kapolda Kalsel tahun 2020, Kapolda Jatim tahun 2020, Sahlisosbud Kapolri tahun 2022 dan terakhir menjadi Ketua STIK Lemdiklat Polri 2023. (*)

  • Bagikan