Kadis Dukcapil Makassar Update Data Pemilih ke KPU

  • Bagikan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadukcapil) Kota Makassar, Muhammad Hatim.

MAKASSAR, BACAPESAN – Menyambut hajatan Pilwali Makassar atau Pilkada serentak 2024. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadukcapil) Kota Makassar, Muhammad Hatim terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait validasi data daftar pemilih.

“Kami dari Dukcapil salah satu SKPD yang menjadi supporting dalam hal pagelaran pilkada serentak 2024 ini. Tentunya yang mana kami senantiasa menjalin komunikasi, dan juga secara aktif untuk membangun kerjasama dengan KPU khususnya update data pemilih,” jelasnya, Jumat, 27 September 2024.

Menurutnya, komunikasi dengan Pihak KPU selaku penyelenggara Pilkada penting. Apalagi salah satu persyaratan untuk menyalurkan hak pilih dari masyarakat adalah dengan menunjukkan identitas resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berupa validasi KTP.

Dia juga menambahkan, sejauh ini beberapa sekolah yang sudah didatangi untuk melakukan perekaman. Ada beberapa sekolah sudah kami datangi langsung untuk menjaring pemilih pemula yaitu pada bulan Agustus.

Seperti dilakukan di SMK 6, SMK 3, SMK 8, SMK 10, SMA 5, SMA 1, Pesantren Ummul Darul Aman Putra dan Putri, Pesantren Darul Arkam Putra dan Putri.

Diketahui, KPU Makassar menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dalam rapat pleno terbuka sebanyak 1.037.164 pemilih untuk Pilwali Makassar 2024.

Secara rinci, jumlah DPT pemilih yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka ini adalah 1.037.164 pemilih. Terdiri ata pemilih laki-laki berjumlah 501.571 pemilih, dan pemilih perempuan berjumlah 535.593 pemilih, yang tersebar di 15 kecamatan dan 153 kelurahan se-Kota Makassar. (Yadi)

  • Bagikan