Musim Hujan, Pemkot Parepare Gerak Cepat Bersihkan Saluran Drainase

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM -Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bergerak cepat untuk mengantisipasi potensi banjir.

Salah satunya dengan membersihkan
saluran drainase di beberapa titik yang berada di Kota Parepare, Kamis, 3 Oktober 2024.

Kegiatan itu, bekerja sama dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas PUPR Parepare, Budi Rusdi, mengungkapkan bahwa tindakan ini dilakukan sebagai langkah awal dalam mencegah banjir yang berpotensi terjadi mengingat bulan Oktober diprediksi menjadi awal musim hujan di Sulsel.

“Kami sudah melakukan berbagai antisipasi untuk mencegah banjir. Setelah hujan deras di awal Oktober, beberapa drainase di Parepare tersumbat oleh sampah, seperti di Jalan Bau Massepe Lumpue dan Jalan M Arsyad,” katanya.

Ia menegaskan bahwa kondisi ini membutuhkan perhatian khusus. Sebab kata dia, pembersihan dan pembenahan rutin drainase menjadi prioritas agar aliran air tidak terhambat, sehingga potensi meluapnya air hujan bisa diminimalisir.

“Bencana alam memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, tapi jika upaya pencegahan dilakukan dengan baik, Insyaallah, kita dapat melindungi Parepare dan warganya dari ancaman banjir,” jelasnya.

Selain membersihkan drainase, Budi menambahkan bahwa Kementerian PUPR juga menginstruksikan agar pemeliharaan jalan nasional di Parepare dilakukan secara menyeluruh, termasuk pembersihan gulma dan pengecatan trotoar.

“Kami tidak hanya fokus pada drainase, tapi juga aktif dalam pemeliharaan jalan, termasuk membersihkan gulma dan melakukan pengecatan kembali,” tandasnya.(*)

  • Bagikan