Aksi Memukau Pesawat Tempur TNI AU dalam Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI 

  • Bagikan

JAKARTA , BACAPESAN- TNI bukan hanya mengerahkan seratus ribu prajurit untuk memeriahkan acara puncak peringatan HUT ke-79 mereka pada Sabtu (5/10). Lebih dari seribu alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI tampil di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Termasuk deretan pesawat tempur TNI seperti F-16 dan Sukhoi. Aksi mereka memukau Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan masyarakat Indonesia.

Dalam demonstrasi udara yang ditampilkan tepat di atas Monas, pesawat tempur TNI AU menunjukkan kemampuan mereka saat bertempur. Diawaki oleh pilot-pilot andal Angkatan Udara, alutsista strategis tersebut berulang kali mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari para penonton.

Terutama ketika pesawat-pesawat tempur itu menunjukkan demonstrasi pertempuran yang sengit. Ditambah dengan deru suara pesawat tempur yang terbang rendah, suasana monas kian riuh.

”Hadirin yang berbahagia, sebelum memasuki demonstrasi udara selanjutnya, disimulasikan terdapat satu pesawat tempur target yang diperankan oleh pesawat tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara, yang melaksanakan manuver pertempuran udara dengan flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon,” terang narator yang memandu jalannya demonstrasi udara tersebut.

Usai demonstrasi udara, TNI AU juga menunjukkan kekuatan alutsista yang mereka miliki saat ini dalam parade dan defile alutsista. Berturut-turut melintas di Lapangan Silang Monas, kendaraan khusus MIT Ares Acala yang digunakan oleh Satuan Bravo 90 Komando Pasukan Gerakan Cepat (Kopasgat), Meriam Oerlikon Skyshield sebagai Garda Pamungkas Arhanud Kopasgat, dan kendaraan khusus P2 Tiger Petraraja karya anak bangsa. (JP)

  • Bagikan

Exit mobile version