BLPT Kemendikbudristek dan Duta Teknologi Sulsel Sukses Gelar PINISI BERKOBAR

  • Bagikan

Guru dan Siswa Makassar Asah Kompetensi Digital

MAKASSAR, BACAPESAN– Kegiatan PINISI BERKOBAR yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Oktober 2024, di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah sukses digelar.

Kegiatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi digital guru dan siswa ini dihadiri oleh 30 guru dari berbagai jenjang pendidikan serta 20 siswa SMA di Kota Makassar.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Layanan Platform Teknologi, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BLPT Pusdatin Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Duta Teknologi Kemendikbudristek Provinsi Sulsel.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran penggerak komunitas belajar dan pandu digital dalam memanfaatkan platform teknologi pendidikan.

Selain itu, PINISI BERKOBAR juga bertujuan untuk menginspirasi praktik baik pemanfaatan teknologi pendidikan, menciptakan kolaborasi antar komunitas belajar, serta mempercepat program-program prioritas Kemendikbudristek.

Selama kegiatan, peserta diberikan pelatihan intensif mengenai berbagai platform teknologi pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Para peserta juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan berkolaborasi dengan peserta lainnya dalam mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan bekal yang cukup bagi para guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing,” ujar Ali Warto perwakilan dari BLPT Pusdatin Kemendikbudristek.

“Dengan semakin mahirnya guru dan siswa dalam memanfaatkan teknologi, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan menyenangkan,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Andi Ni’ma Fada, guru di SMPN 4 Makassar, mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Saya banyak mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa. Saya akan mencoba menerapkannya di kelas saya,” ungkapnya.

“Kami saling belajar dan berbagi ide untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih menarik. Saya percaya, dengan semangat kebersamaan seperti ini, kita bisa mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” ungkap Perwakilan dari Duta Teknologi Kemendikbudristek, Muhammad Alimka (SMPN 6 Moncongloe).

PINISI BERKOBAR diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Selatan, khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi.

Kegiatan serupa diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendukung transformasi digital di sektor pendidikan.

Adapun Duta Teknologi Kemendikburistek berperan sebagai pelaksanan sekaligus fasilitator dalam kegiatan ialah Irwan Abdullah (SMAN 13 Pangkep), Yundini (SMPN 6 Satap Masamba), Haeruddin (SDN 71 Parepare), Sitti Novi Ninarman (SMPN 1 Bone-Bone), Agus Supramono (SDN 140 Masumpu), Hamrah Surianto (SMPN 6 Satap Pammana), Surya Ningsi (SMAN 1 Bone), Muhammad Alimka (SMPN 6 Moncongloe), Nurlinda Alwi (SDN 2 Lejang).

  • Bagikan

Exit mobile version