Penjualan Mobil Komersil Capai 43 Persen, Daihatsu Kini Sasar Penjualan First Car

  • Bagikan
Pembukaan kegiatan Daihatsu Kumpul Sahabat 

MAKASSAR, BACAPESAN-  Sulawesi Selatan menjadi penyumbang penjualan mobil komersil terbesar di wilayah Timur Indonesia mencapai 43 persen. 

Angka ini diungkapkan Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rokky Irvayandi disela-sela kegiatan Daihatsu Kumpul Sahabat yang berlangsung di Anjungan Tugu Komodo CPI, Makassar, Minggu (6/10/2024).

Menurut Rokky, market di Sulawesi Selatan terbilang sangat unik sebab yang mendominasi penjualan adalah kendaraan komersil bukan kendaraan penumpang.

“Pasar di Sulawesi sangat unik, kalau di kota lain kebanyakan menjual mobil penumpang, di Sulsel justru banyak terjual kendaraan komersil. Indonesia Timur secara keseluruhan menyumbang penjualan hingga 45 persen atau mendominasi, 43 persen  dari penjualan tersebut di dominasi penjualan komersil dan Makassar menyumbang angka.Penjualan 10,1 persen,” jelas  Rokky. 

“Secara Nasional penjualan terbesar di dominasi oleh Daihatsu Sigra mencapai 34 persen, sedangkan Gran Max diangka 25 persen dari sisi penjualan. Angka ini berbanding terbalik dengan Indonesia Timur khususnya di Sulsel yang mencatat penjualan 43 persen untuk Daihatsu Gran max dan 25 persen untuk penjualan Dsihatsu Sigra,” tambahnya.

Melihat pasar Sulawesi Selatan yang unik, Rokky menarget pasar untuk pembelian mobil pertama atau first car. Berbeda dengan merek lain yang biasanya menarget penjualan mobil kedua atau second car, menurutnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki mobil dan itu pasar yang sangat potensial.

“Rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia lebih rendah dari negara lain. Kami melakukan riset bahwa yang membeli kendaraan pertama  adalah mereka yang dulunya memiliki motor sehingga di acara Daihatsu Kumpul Sahabat ini kita libatkan komunitas  motor. 75 persen pembeli Daihatsu adalah mereka yang belum memiliki mobil, meskipun kami tidak  menolak jika ada pembeli second car,” bebernya.

Dalam kegiatan Daihatsu Kumpul Sahabat ini pula hadir program pembelian Daihatsu kredit  dimana ada paket yang bisa di nikmati sampai dengan pembayaran  angsuran hingga 6 tahun agar angsuran terjangkau.

Biaya kredit sampai 2,5 tahun di gratiskan, ada partner lembaga penjualan kendaraan besar yang bisa dipilih, ada  asuransi rawat jalan, dan asuransi keselamatan hingga 25 JT. Beragam promo juga hadir dan berbagai Indian hadiah.

Salain berbagai program pembelian Daihatsu, Daihatsu Kumpul Sahabat juga dimeriahkan berbagai kegiatan menarik seperti rolling thunder, zumba, games, lomba mewarnai anak dan hiburan dengan bintang utama yang dihadirkan adalah Ridwan Sau. (Hik)

  • Bagikan