KSAU Resmikan Skadron Pendidikan Siber di Bogor

  • Bagikan
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono (tengah).

JAKARTA, BACAPESAN – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono meresmikan Skadron Pendidikan 506 di Bogor, Jawa Barat pada Kamis (10/10). Skadron pendidikan yang berada di bawah Wing Pendidikan 500/Umum tersebut akan melaksanakan pendidikan khusus di bidang siber.

Peresmian itu sekaligus menegaskan komitmen TNI AU untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) andal di bidang siber.

”Pagi ini kami upacara peresmian Skadron Pendidikan 506 di bawah Wing Pendidikan 500/Umum. Skadron Pendidikan ini akan melaksanakan pendidikan siber, sementara untuk prajurit Angkatan Udara, sehingga memiliki kemampuan siber atau IT yang andal,” terang Tonny.

Meski sementara ini hanya membuka pendidikan untuk personel TNI AU, Tonny menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan pihaknya turut membuka pendidikan untuk siswa dari instansi lain seperti TNI AD, TNI AL, Polri, dan instansi sipil.

Bagi TNI AU, peresmian Skadron Pendidikan 506 di Bogor merupakan langkah strategis. Mengingat perkembangan ancaman dan teknologi saat ini sudah berkembang sampai ke ranah siber.

”Angkatan Udara menganggap ini langkah strategis atau langkah penting untuk membentuk suatu pendidikan siber. Karena kita tahu sendiri perkembangan teknologi itu cepat dan kita juga merasakan bagaimana dampak dari serangan siber. Kita sudah punya pengalaman PDSN kita diserang kemudian mengganggu fasilitas umum, mengganggu pelayanan publik,” beber Tonny.

Karena itu, Skadron Pendidikan 506 yang fokus melaksanakan pendidikan bidang siber dibentuk oleh TNI AU. Menurut KSAU, itu tidak lepas dari arahan yang sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Menurut dia, keputusan itu diambil tidak lepas dari wacana pembentukan Angkatan Siber atau Cyber Force.

”Jadi, berdasarkan perintah dari Bapak Presiden, Bapak Menhan yang juga presiden terpilih, bahwa TNI akan membentuk cyber force atau Angkatan Siber. Angkatan Udara menindaklanjuti, membentuk skadron pendidikan siber,” tegasnya. (JP)

  • Bagikan