MAKASSAR, BACAPESAN – Memulai usaha di tahun 2018, Chef Rahmat mencoba peruntungan dibidang pastry. Dibantu investasi dari teman, Chef Rahmat mulai membuka outlet di Kabupaten Gowa.
Saat ini, Moichido telah membuka tiga outlet. Masing-masing di Kabupaten Gowa, Jalan Cendrawasih Makassar dan di Tanjung Bunga Makassar.
“Awal mula berdiri sebetulnya sudah kenal lama dengan owner.Singkat cerita saat itu ngobrol biasa, owner sudah punya usaha yang berjalan dan ngobrol berminat buka bakery,” ungkap Chef Rahmat, Jumat (11/10).
Untuk logo, Chef Rahmat mengatakan memilih warna netral hitam dan putih.
“Kami bermain dua warna hitam dan putih, kalau owner mencari simpel dan orang tidak banyak pakai karena fleksibel dan elegan. Tidak ada yang begitu rumit untuk mencari warna, sesuai yang owner suka, owner seorang kontraktor dan sering melihat warna brand luar negeri yah simple,” jelasnya.
“Awalnya, kami brandingnya adalah donat, kenapa melirik donat karena pada saat kami buka, brand-brand terkenal tidak bermain di ruko, sehingga kami ambil pasar di luar mall dengan harga terjangkau dan bisa menikmati,” beber Chef Rahmat.
Untuk pengembangan usaha, Moichido Donat & Bakery konsisten menggunakan sosial media dan pelayanan dan kebersihan menjadi penting. Senyum sapa bagi yang datang, biasanya perusahaan besar mengabaikan itu.
Chef Rahmat juga membagikan empat tips agar usaha kuliner sukses. Yaitu, SDM, mesin peralatan, bahan baku dan media promosi.
“Semua ini tidak bisa dianggap sepele, apalagi promosi. Meski kita sudah lama kita harus melakukan update,” ujarnya.(Hik)