Review iQOO Z9 : Membawa Chipset Kencang Dengan Harga Kompetitif

  • Bagikan
iQOO Z9.

JAKARTA, BACAPESAN.COM – iQOO Z9 adalah smartphone yang mengedepankan sektor performa sebagai nilai jual utamanya. Tak tanggung – tanggung, smartphone yang rilis pada 21 Mei 2024 di Indonesia ini dipersenjatai chipset kencang Snapdragon 7 Gen 3 dengan harga yang amat kompetitif.

Penasaran bagaimana kecanggihan dan fitur – fitur unggulan lain yang dimiliki iQOO Z9, bukan? Yuk, simak saja langsung ulasan di bawah ini!

1.Desain
iQOO Z9 hadir dengan desain yang cukup mirip seperti iQOO 12. Pada bagian belakang ditemukan bumper kamera besar dengan dua lensa, sedangkan lampu flash posisinya terletak di luar frame.

iQOO Z9 memiliki tepian melengkung alias 2.5D, sehingga akan memberikan kenyamanan lebih saat dioperasikan menggunakan satu tangan. Smartphone ini cukup ramping dengan ketebalan cuma 7,98mm dan bobot 194,8 gram.

Memang bukan yang paling tipis atau yang teringan, namun angka tersebut patut diacungi jempol karena di dalamnya membawa baterai berkapasitas besar 6.000 mAh. Menurut iQOO, hal itu dapat terwujud berkat digunakannya teknologi Ultra-Thin Graphite Battery. Terdapat dua opsi warna, yakni Phantom Black atau Breeze Green.

2.Layar
iQOO Z9 dibekali dengan layar yang terbilang istimewa di kelasnya. Ukuran layar tersebut 6,78 inci dengan panel AMOLED yang mengusung resolusi 1.5K alias 2800 x 1260 pixel, dan refresh rate 144Hz. Meskipun resolusinya sedikit di atas kebanyakan smartphone, namun kamu perlu mengaturnya terlebih dahulu secara manual jika ingin menampilkan resolusi maksimal karena defaultnya masih FHD+ saja.

Sedangkan untuk refresh rate sifatnya adaptif, sehingga tergantung pada konten yang tersaji di layar. Soal kualitas layarnya tak perlu diragukan lagi, karena terang dan nyaman dipakai bahkan di bawah sinar matahari yang terik sekalipun, sehingga konten bisa terlihat dengan jelas. Ditambah sajian warnanya juga cukup menawan, khas panel AMOLED.

3.Kamera
Dari sisi konfigurasi kamera, iQOO Z9 dibekali sensor utama Sony IMX882 50 MP yang didampingi kamera bokeh 2 MP dan kamera selfie 16 MP. Memang tidak memiliki telefoto, namun cukup wajar untuk kelas harganya. Meskipun pilihan lensanya terbatas, namun kamera utama smartphone ini cukup bagus.

Digunakan pada kondisi cahaya yang ideal, kamera iQOO Z9 akan menghasilkan foto yang tajam dengan saturasi warna yang agak diangkat, jadi tampak lebih hidup.

Sedangkan, pada kondisi cahaya yang minim, kamu bisa mengaktifkan mode Night untuk mendapatkan hasil foto yang terang. Lalu untuk videografi, iQOO Z9 mampu merekam hingga resolusi 4K 30fps, bahkan dengan fitur stabilization aktif.

4.Performa
Dengan dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3, iQOO Z9 mampu memberikan performa ekstra kencang untuk menunjang segala kebutuhan.

Bagi kamu yang hobi main game, ponsel ini mampu menjalankan Mobile Legends dengan sangat lancar pada setting grafis mentok kanan.Bahkan Genshin Impact pun dapat dimainkan dengan cukup stabil pada setting grafis Highest 60 fps.

5.Baterai
Dengan membawa baterai berkapasitas besar 6.000 mAh, iQOO Z9 sudah sangat memadai untuk menemani aktivitas kamu seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Apalagi charging-nya juga mantap, namun perlu diingat kamu wajib aktifkan terlebih dahulu mode fast charging di Settings jika ingin mendapatkan kecepatan maksimal.

Dengan dilengkapi charger 80W, baterai iQOO Z9 sudah bisa terisi penuh hingga 100 persen hanya dalam waktu sekitar 50 menit saja. (*)

  • Bagikan