Helikopter TNI AU Bantu Evakuasi 71 Nelayan Terjebak Cuaca Buruk di Sukabumi

  • Bagikan
Helikopter TNI Angkatan Udara dikerahkan untuk membantu evakuasi 71 nelayan yang terdampar di ujung dermaga eks perusahaan pasir besi PT Sumber Besi Prima (SBP), Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

BACAPESAN – Helikopter TNI Angkatan Udara dikerahkan untuk membantu evakuasi 71 nelayan yang terdampar di ujung dermaga eks perusahaan pasir besi PT Sumber Besi Prima (SBP), Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/10/24). Para nelayan tersebut terjebak sejak Rabu (16/10/24) akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi yang melanda kawasan Pantai Tegalbuleud.

Komandan Satuan Radar 216 Cibalimbing, Letkol Lek Umar Saifuddin Rumbiak, S.A.P., menyatakan bahwa tim SAR gabungan langsung dikerahkan untuk melakukan penyelamatan. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan dua unit helikopter dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor dan satu unit helikopter dari Basarnas serta perahu nelayan.

“Evakuasi dilakukan bertahap menggunakan helikopter. Satuan Radar 216 Cibalimbing juga dijadikan sebagai posko dalam misi penyelamatan kemanusiaan ini,” jelas Komandan Satuan Radar 216.

Nelayan tersebut diketahui terjebak di dermaga akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan gelombang besar menghantam wilayah tersebut pada Rabu pagi.

Hingga Kamis malam (17/10/2024), 71 nelayan berhasil dievakuasi dengan aman dan dikembalikan kepada keluarganya.

“Alhamdulillah, evakuasi telah selesai dan para nelayan sudah kembali ke keluarga masing-masing,” tambah Komandan Satuan Radar 216. (JP)

  • Bagikan