Farmasi FMIPA UIM Tuan Rumah Pelatihan Dispensing Aseptik 

  • Bagikan
Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan Dispensing Aseptik Sediaan Steril.

MAKASSAR, BACAPESAN – Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi tuan rumah kegiatan Pelatihan Dispensing Aseptik Sediaan Steril bagi apoteker di layanan kesehatan Kota Makassar dan sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Pengurus Cabang (IAI PC) Makassar dan Universitas Islam Makassar. Mereka bekerja sama memberikan pemahaman kepada  apoteker dari Makassar dan sekitarnya yang bekerja di berbagai bidang utamanya di rumah sakit dan layanan kesehatan rawat inap.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dewi Isadiartuti menyampaikan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga di tingkat lokal, regional, dan nasional. 

Menurut Dewi, sebagian besar pengobatan pasien yang dirawat di rumah sakit adalah sediaan injeksi, yang dipersyaratkan steril. 

Rektor Universitas Islam Makassar Prof. Dr. H. Muammar Bakry menyambut baik kegiatan ini.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan apoteker dalam menjalankan tugasnya dan mengharapkan kegiatan ini dapat berlanjut di masa mendatang,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Prof. Retno Sari dengan materi tentang Formulasi dan Dispensing Sediaan Steril,  Dewi Isadiartuti dengan materi Stabilitas dan Kompatibilitas Sediaan Parenteral,  Agus Syamsur Rijal dengan materi Tehnik Aseptik Sediaan Steril, dan  Dinda Monika Nusantara Ratri dengan materi Permasalahan Dispensing Sediaan Steril di Rumah Sakit. 

Dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan kesempatan mempraktekkan tehnik aseptik dalam mengelola sediaan steril. 

Ketua IAI PC Makassar,  Abdul Rakhmat Muzakkir juga ikut mengapresiasi kegiatan ini.    

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan apoteker peserta pelatihan sehingga dapat terwujud profesionalisme apoteker dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian di fasilitas kesehatan Kota Makassar,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version