Hyundai Jual Saham Rp50 Triliun, IHSG-Rupiah Kompak Merah

  • Bagikan
Hyundai Santa Fe/Dok Hyundai.

BACAPESAN – Usai gagal beralih positif dalam menjalani sesi awal pekan kemarin, kinerja Rupiah kembali rawan dalam menatap sesi perdagangan hari kedua pekan ini, Selasa 22 Oktober 2024.

Masa bulan madu pemerintahan Prabowo Subianto dengan kalangan investor tampaknya terlalu sulit untuk bertahan lebih lama.

Sikap ragu yang hinggap di pasar uang global kembali menghajar seluruh mata uang utama dunia dalam sesi perdagangan Senin malam waktu Indonesia Barat. Laporan lebih jauh menyebutkan, pelaku pasar yang beranjak curiga pada langkah The Fed yang mungkin akan terhambat dalam melakukan penurunan suku bunga lanjutan dalam waktu dekat. Hal ini menyusul serangkaian rilis data perekonomian pekan lalu yang dinilai kurang menyokong kebijakan tersebut.

Meski sebagian besar pelaku pasar masih optimis penurunan suku bunga lanjutan oleh The Fed segera terjadi, sentimen keraguan akhirnya mulai tumbuh dan tekanan jual dalam taraf moderat kembali memukul pasar global.

Laporan lebih rinci menunjukkan, seluruh mata uang utama dunia yang kembali merosot dan kemerosotan tersebut berlanjut hingga sesi perdagangan pagi ini di Asia.

Pelaku pasar kini menantikan rilis pertumbuhan PDB AS pada pekan depan untuk lebih memastikan arah keputusan The Fed dalam menurunkan suku bunga. Dan dalam penantian tersebut, aksi tekanan jual menjadi sulit dihindarkan.

Nilai tukar Euro, Poundsterling dan Dolar Australia bahkan telah menembus ke bawah level psikologisnya masing-masing, di 1,0900, 1,3000, dan 0,6700. Sedangkan nilai tukar Dolar Kanada kini telah menembus level 1,3800.

Pola demikian dengan jelas menghadirkan ancaman bagi mata uang Asia, dan Rupiah oleh karenanya kembali rawan.

Pantauan RMOL hingga sesi perdagangan siang ini berlangsung menunjukkan, Rupiah yang telah bertengger di kisaran Rp15.557 per Dolar AS atau merosot 0,44 persen.

Kesuraman juga terpantau menghajar seluruh mata uang Asia lainnya seperti: Dolar Hong Kong, Dolar Singapura, Yuan China, Rupee India, Peso Filipina serta Baht Thailand dan Ringgit Malaysia. (JP)

  • Bagikan