MAKASSAR, BACAPESAN – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat peningkatan signifikan dalam lalu lintas data pelanggan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Didukung oleh lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia.
Periode 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, puncak lonjakan lalu lintas data terjadi pada 1 Januari 2025 dengan peningkatan lebih dari 10% dibandingkan hari biasa. Kota-kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi mencakup Baturaja, Palembang, dan Siantar Sidempuan di Sumatra; Sintang, Singkawang, dan Sampit di Kalimantan. Sedangkan untuk wilayah Sulsel meliputi Gowa, Palu, dan Parepare. Sedangkan wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra juga mencatat lonjakan lalu lintas yang signifikan.
President Director dan Chief Executive Officer IOH, Vikram Sinha menjelaskasn layanan digital menjadi semakin populer selama periode ini. Lima aplikasi dengan peningkatan penggunaan tertinggi adalah WhatsApp, TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook. Hal ini mencerminkan kebutuhan pelanggan akan konektivitas yang andal untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman selama momen liburan. Pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan.
“Indosat terus berkomitmen menghadirkan marvelous experience, termasuk saat momentum penting seperti pergantian tahun. Dengan berbagai dukungan teknologi dan kesiapan SDM, kami berupaya mewujudkan visi menjadi layanan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia,” kata Vikram, Senin, 6 Januari 2025.
Lebih lanjut Vikram menuturkan Indosat memastikan jaringan tetap optimal melalui pemantauan dan pengelolaan intensif yang dilakukan selama 24/7 di Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berperan penting dalam memantau dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik sepanjang hari. Dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan sistem otomatisasi, ketersediaan serta kualitas jaringan dimonitor secara proaktif untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul demi kenyamanan pengguna.
“Dengan penerapan teknologi mutakhir ini, Indosat berhasil menurunkan tingkat keluhan pelanggan sebesar 36 persen dibandingkan rata-rata hari biasa,” ucapnya. (AR)