Tutup Layanan Marketplace, Bukalapak Fokus Layani Penjualan Produk Virtual

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN– Bukalapak mengumumkan bakal bertransformasi dan menutup layanan marketplace di awal tahun 2025. Gantinya, mereka akan fokus untuk meningkatkan penjualan pada produk virtual, seperti token listrik hingga pulsa.

“Kami ingin menginformasikan bahwa Bukalapak akan menjalani transformasi dalam upaya untuk meningkatkan fokus pada Produk Virtual. Sebagai bagian dari langkah strategis ini, kami akan menghentikan operasional penjualan Produk Fisik di Marketplace Bukalapak,” bunyi pengumuman Bukalapak dalam laman resmi, dikutip JawaPos.com, Rabu 8 Januari 2025.

Pihaknya membeberkan, sejumlah produk virtual yang akan dijual dalam platform Bukalapak terdiri dari pulsa prabayar, paket data, token listrik, listrik pascabayar, Prakerja.

Kemudian, Bukasend, Angsuran kredit, BPJS Kesehatan, Air PDAM, Telkom, Pulsa pascabayar, TV kabel & internet, pajak PBB, penerimaan negara, voucher streaming.

Lalu, bayar denda tilang, bayar PPh final, bayar PPN, bayar PPh 21, bayar Surat Berharga Negara (SBN), bayar bea, BPJS Ketenagakerjaan, BMoney, dan voucher digital emas.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan bahwa transformasi ini akan ada para pelapak yang terdampak. Itu sebabnya, mereka berkomitmen untuk membuat proses transisi berjalan dengan sebaik mungkin.

Itu sebabnya, pihaknya menyampaikan bahwa pada 9 Februari 2025 pukul 23.59 WIB akan menjadi tanggal terakhir pembeli dapat membuat pesanan untuk produk berupa barang.

Meliputi aksesoris rumah, kebutuhan rumah tangga, sepeda, vape, handphone hingga fashion. Sementara itu, mulai 1 Februari 2025 fitur untuk menambahkan produk baru bagi pelapak akan dinonaktifkan. Bahkan, pelapak dipastikan tidak dapat menambah produk baru setelah periode tersebut.

Pihaknya juga mengimbau kepada pelapak untuk bisa menyelesaikan pengelolaan pesanan yang masuk sebelum tanggal akhir operasional marketplace untuk menghindari pembatalan otomatis pesanan yang belum terpenuhi.

Sementara itu, untuk semua pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025 pukul 23.59 WIB akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Dana dari pesanan yang dibatalkan akan dikembalikan kepada pembeli melalui BukaDompet.

Adapun kebutuhan lainnya seperti pencairan dana diluar dari tanggal 14 Maret 2024 dapat dilakukan via email kepada Bukalapak melalui: bl.id/bukabantuan.

“Kami berkomitmen untuk mendukung seluruh pengguna Bukalapak selama masa transisi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, silakan hubungi BukaBantuan,” pungkas pengumuman itu.

  • Bagikan