JAKARTA, BACAPESAN– PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat peningkatan penumpang LRT Jabodebek mencapai 21.055.870 pengguna di sepanjang tahun 2024. Adapun penumpang terbanyak tercatat pada 26 November 2024 dengan melayani sebanyak 94.172 orang.
Executive Vice President LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi juga membeberkan bahwa rata-rata pengguna LRT Jabodebek pada hari kerja di tahun 2024 mencapai 70.483 penumpang, meningkat sebesar 100 persen dibandingkan rata-rata tahun 2023 yakni 35.226 penumpang.
“Untuk akhir pekan, rata-rata penumpang meningkat sebesar 20 persen dari 27.490 orang pada 2023 menjadi 33.089 orang pada 2024,” kata Mochamad Purnomosidi dalam keterangannya, Jumat 10 Januari 2025.
Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan bahwa Stasiun Dukuh Atas BNI tercatat menjadi stasiun dengan jumlah tap-in tertinggi sepanjang tahun 2024 mencapai 3.414.963 orang.
Sementara Stasiun yang mencatat angka tap-out tertinggi adalah Dukuh Atas BNI 3.159.006 orang, disusul oleh Stasiun LRT Harjamukti 2.511.130 orang, dan Stasiun LRT Kuningan 1.915.684 orang.
Di sisi lain, sepanjang tahun 2024 LRT Jabodebek mengoperasikan 110.464 perjalanan dengan jumlah gangguan perjalanan menurun 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
“Ketepatan waktu operasional juga menunjukkan peningkatan signifikan, meningkat dari 80,60 persen pada 2023 menjadi 97,23 persen pada 2024,” ungkapnya.
Pada tahun 2024, LRT Jabodebek juga menghadirkan berbagai momen dan kebijakan baru. Di antaranya penerapan Tarif Rp1 pada hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (20 Oktober 2024), yang berhasil melayani 61.199 pengguna.
Kemudian, perubahan nama stasiun, yakni Stasiun Dukuh Atas BNI dan Stasiun Pancoran bank bjb, sebagai bentuk kolaborasi strategis dengan mitra. Lalu, penerapan kereta wanita di kereta paling belakang dalam rangkaian pada hari kerja, untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna.
Hingga, penerapan kebijakan membawa sepeda non-lipat pada akhir pekan untuk mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.
“Dengan capaian luar biasa sepanjang 2024, KAI berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan inovasi di tahun 2025 demi memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pengguna, pungkas Purnomosidi.
(JP)