Tingkatkan Elektrifikasi, Mazda Akan Pakai Baterai Panasonic

  • Bagikan

BACAPESAN– Mazda akan meningkatkan upaya elektrifikasinya di dunia otomotif. Perusahaan ini telah mengumumkan rencana pembangunan fasilitas manufaktur baru di Jepang yang difokuskan secara eksklusif pada produksi baterai mobil listrik (EV).

Langkah ini termasuk kemajuan yang besar dalam strategi elektrifikasinya, dengan pabrik yang akan memasok modul baterai untuk EV pertama dengan platform khusus kendaraan listrik.

Seperti dilansir dari Carscoops, fasilitas tersebut akan berlokasi di Kota Iwakuni, Prefektur Yamaguchi, Jepang, dan akan menampilkan Panasonic Energy sebagai pemasok utama modul baterai silindernya.

Setelah beroperasi, pabrik tersebut diharapkan dapat memproduksi cukup banyak paket baterai untuk mencapai kapasitas produksi tahunan sebesar 10 GWh.

Baterai silinder ini akan digunakan dalam model baru yang menggunakan arsitektur khusus kendaraan listrik pertama Mazda. Namun, perusahaan belum menetapkan tanggal peluncuran kendaraan listrik dan belum mengungkapkan detail teknis apa pun.

Komentar sebelumnya dari CEO, Masahiro Moro, menunjukkan bahwa pengembangan internal arsitektur kendaraan listrik akan selesai pada 2027.

Mazda menjanjikan fondasi baru ini akan menghasilkan kendaraan listrik dengan desain canggih, kenyamanan unggul, dan jangkauan berkendara yang lebih jauh.

Kedepannya, Mazda terus mendalami berbagai teknologi baterai di luar modul yang bersumber dari Panasonic untuk kendaraan listriknya. Produsen mobil ini tengah mengembangkan baterai lithium-ion berdensitas tinggi secara internal, untuk dipasang pada PHEV dan kendaraan listrik pada 2030.

Sementara itu, Mazda sudah pernah menawarkan model yang sepenuhnya bertenaga listrik, termasuk crossover Mazda MX-30, yang pertama kali diluncurkan pada 2019. Dibangun di atas versi modifikasi platform SkyActiv, MX-30 merupakan langkah awal Mazda menuju elektrifikasi.

Bahkan, Mazda baru-baru ini meluncurkan EZ-6 di Tiongkok, yang tersedia dalam varian bertenaga listrik penuh dan yang dapat menambah jangkauan.

Sedan ukuran sedang ini dibangun di atas pondasi yang bersumber dari Changan, yang juga digunakan bersama Deepal/Shenlan SL03. Pendekatan berbagi platform yang sama juga diharapkan untuk versi produksi Mazda Arata EV Concept, yang diantisipasi pada tahun 2025 sebagai saudara dari SUV Deepal SL07.

(JP)

  • Bagikan

Exit mobile version