JAKARTA, BACAPESAN– Tahun 2024 menjadi momentum bersejarah bagi MG Motor Indonesia (MG). Di tahun keempatnya beroperasi di pasar otomotif nasional, MG berhasil mencatatkan berbagai capaian positif. Selama periode 2024, MG menorehkan angka penjualan yang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya.
MG juga kini semakin menjangkau konsumen Indonesia secara luas melalui penambahan jaringan dealer. Tidak hanya itu, MG juga berhasil meraih berbagai prestasi dan milestone penting di sepanjang 2024.
“Tahun 2024 merupakan tahun yang spesial dalam perjalanan kami di Indonesia. Tahun ini menandai 100 tahun inovasi otomotif global MG dalam hal performa dan mobilitas. Memegang semangat ‘We Care’, kami pun akan terus berkomitmen untuk berinovasi melalui lini produk terdepan serta meningkatkan layanan penjualan dan purna jual MG bagi konsumen Tanah Air,” ungkap He Guowei, Chief Executive Officer MG Motor Indonesia.
Didukung kehadiran deretan produk inovatif, MG mencatatkan pencapaian positif dalam hal penjualan di sepanjang tahun 2024. Hingga pengujung tahun, MG berhasil mencatatkan angka penjualan lebih dari 4.000 unit. Angka ini mencerminkan peningkatan persentase yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dengan kenaikan lebih dari 300 persen.
Inovasi lini produk juga gencar dihadirkan MG di pasar otomotif Indonesia pada 2024. Di awal tahun, MG meluncurkan versi completely knockdown (CKD) dua kendaraan listriknya, MG 4 EV dan MG ZS EV, yang diproduksi di dalam negeri dan memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan oleh pemerintah.
Hal ini menghasilkan produk kendaraan listrik yang lebih terjangkau dan mudah diakses oleh pelanggan.
Pada Maret 2024, MG pun menghadirkan produk kendaraan hybrid pertamanya di Indonesia, MG VS HEV. Peluncuran ini melengkapi eksistensi MG di berbagai segmen pasar otomotif Indonesia, baik kendaraan ICE, hybrid, hingga BEV.
Tidak berhenti di situ, MG melakukan gebrakan selanjutnya di ajang GIIAS 2024 melalui kehadiran roadster EV satu-satunya di dunia, MG Cyberster. Kendaraan listrik performa tinggi ini mengusung pengalaman berkendara yang menakjubkan dengan desain british sport car modern yang berkelas. Dengan motor listrik bertenaga lebih dari 530 PS dan torsi sebesar 725 Nm, roadster listrik ini bisa melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik saja. Kendaraan listrik berperforma tinggi ini juga mendapat tanggapan positif dari publik maupun pelanggan.
Pada 2024, MG juga menjalin kemitraan dengan Unified Advanced Battery System (UABS) Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara produsen baterai global UABS Co. dan PT Agung Kentjana Abadi, untuk memproduksi baterai kendaraan listrik MG secara lokal. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung industri lokal, mendukung langkah pemerintah menuju transportasi yang lebih berkelanjutan, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.
Komitmen MG memberikan layanan terbaik bagi konsumen Indonesia juga diwujudkan dengan terus menambah jaringan dealer di Tanah Air. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan jumlah outlet dealer MG yang mencapai 42 jaringan di berbagai wilayah di Indonesia. Angka tersebut meningkat cukup jauh dari tahun sebelumnya yang ditutup dengan jumlah 15 dealer di Indonesia.
Tidak hanya itu, MG juga membuka flagship dealer pertama di Indonesia yang berkonsep 3S (Sales, Service, Spare Parts) ditambah dengan fasilitas body & paint yang berlokasi di BSD City, Tangerang. Pada 2025, MG berencana untuk mendirikan lebih dari 80 outlet guna memperkuat layanan bagi pelanggan di Indonesia.
Di tahun 2024, MG juga untuk pertama kalinya turut mendukung mobilitas ramah lingkungan dalam gelaran berskala internasional yaitu High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) 2024 dan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali. Dalam event internasional tersebut, MG mengerahkan 50 unit MG 4 EV yang digunakan sebagai kendaraan VIP tamu-tamu mancanegara.
(JP)