KAI Logistik Raih Penghargaan Indonesia Digital Sustainability Awards 2025

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN– PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), kembali menegaskan komitmennya dalam transformasi digital berkelanjutan. Atas inovasi yang dilakukan, KAI Logistik berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Digital Sustainability Awards 2025.

Penghargaan ini diterima langsung oleh VP of Corporate Secretary KAI Logistik, Dwi Wulandari, di JW Marriott Hotel, Jakarta, pada Selasa (18/2). “Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini yang juga merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan layanan logistik yang lebih terintegrasi, transparan, dan berkelanjutan,” katanya dikutip Rabu 19 Februari.

Dwi memastikan, KAI Logistik terus mendorong proses bisnis yang lebih efisien dan ramah lingkungan guna mendukung dan berkontribusi dalam penerapan Green Logistics di Indonesia. Penghargaan ini juga sejalan dengan fokus KAI Logistik dalam penguatan layanan yang berkelanjutan.

“Dan terus mengampanyekan moda KA sebagai moda transportasi termasuk angkutan barang yang lebih hijau dan ramah lingkungan,” ujar Dwi.

Penilaian tidak hanya mencakup optimalisasi teknologi untuk operasional dan layanan pelanggan, tetapi juga peran perusahaan memanfaatkan transformasi digital guna meningkatkan transparansi dalam mendukung tata kelola perusahaan. Serta menjalankan program CSR yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Direktur Jenderal Komunikasi Publik dan Media Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) RI, Fifi Aleyda Yahya mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia pada 2024 tumbuh sebesar 5,03 persen sejalan dengan pertumbuhan tahun sebelumnya. Ia menekankan bahwa teknologi digital telah menjadi pilar utama dalam pembangunan ekonomi nasional.

Indonesia Digital Sustainability Awards 2025 diharapkan dapat menjadi bagian dari gerakan global dalam memperkuat peran teknologi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. “Mari jadikan transformasi digital sebagai pendorong utama pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Pada 2024, KAI Logistik telah menggiatkan aksi digitalisasi di seluruh aspek perusahaan, baik internal maupun eksternal. Salah satu langkah nyata adalah pengelolaan dokumen internal secara digital melalui sistem dokumen terpadu, Rail Document System (RDS), yang secara signifikan mengurangi penggunaan kertas dan mendukung proses bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, KAI Logistik kian memperkuat kapabilitas digitalnya dengan menghadirkan aplikasi KAI Logistik TRAX, yang memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan pengiriman barang secara digital, mulai dari pengecekan lokasi, tarif, permintaan penjemputan, pelacakan, hingga pembayaran digital.

Tak hanya itu, teknologi Radio Frequency Identification (RFID) juga diimplementasikan untuk mengoptimalkan layanan KA kontainer, memperkuat komitmen KAI Logistik dalam menghadirkan solusi logistik yang efisien dan berkelanjutan.

Sebagai bagian dari penerapan Good Corporate Governance (GCG), KAI Logistik juga telah mengimplementasikan Whistle Blowing System (WBS) untuk mencegah pelanggaran kode etik dan tindak korupsi.

“Selain itu, di awal tahun ini, KAI Logistik berhasil meraih sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dari Sucofindo, yang semakin memperkuat komitmen perusahaan dalam tata kelola yang bersih dan berintegritas,” lanjut Dwi. (JP)

  • Bagikan