Trafik Naik di Bulan Ramadhan, XL Axiata Sudah Antisipasi dengan Cara Ini

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN– Menyambut bulan suci Ramadhan 2025, XL Axiata mengklaim siap melayani para pelanggan mereka dengan peningkatan jaringan yang signifikan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim.

“XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadhan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang spesial,” katanya di Jakarta, Kamis (27/2) kemarin.

Menurut Gede, bagi XL Axiata, momentum Ramadhan dan Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu pengungkit utama bisnis telko. Trafik XL Axiata saat Ramadhan dan selama libur panjang Lebaran diperkirakan bisa melonjak sekitar 15 peren – 20 persen

Untuk menghadapi lonjalan trafik dan memastikan bahwa kenyamanan pelanggan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa hingga Lebaran, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk memastikan jaringan tetap optimal.

Beberapa kesiapan utama yang sudah dilakukan meliputi penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS dan penempatan 120 MBTS untuk mendukung kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran.

Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan peningkatan kapasitas kapasitas core sebesar 20 persen dan peningkatan kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 Sites. Dengan rata-rata utilisasi kapasitas saat ini sebesar 60 persen XL Axiata memprediksi utilisasi selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78 persen.

Untuk memastikan kesiapan jaringan menjelang periode Ramadhan hingga Lebaran, XL Axiata juga telah menerapkan beberapa inovasi dan teknologi canggih termasuk di antaranya berupa uji jaringan menggunakan metode tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area-area yang perlu di optimalisasi.

Selain itu juga telah disiapkan sistem peringatan otomatis untuk memonitor penurunan pengalaman layanan dan menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

Kemudian, XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,8 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 63%. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan.

Selain itu XL Axiata juga terus berupaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC. Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta pelanggan. (JP)

  • Bagikan