JAKARTA, BACAPESAN- Kredivo, platform layanan paylater yang berlisensi multifinance, mencatatkan pertumbuhan transaksi sebesar 10 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Ramadhan 1446 H.
“Kami melihat tren ini sebagai bukti bahwa paylater semakin diterima sebagai alat yang memudahkan masyarakat dalam merencanakan pengeluaran mereka secara lebih cermat dan terkontrol,” kata SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari di Jakarta, Selasa.
Selain peningkatan transaksi, tren lain yang juga terlihat salah satunya adalah puncak transaksi terjadi pada minggu pertama dan kedua Ramadhan, dengan tenor terbanyak adalah tenor bayar dalam 1 bulan.
Menurut Indri, tren itu mengindikasikan layanan paylater, terutama dari Kredivo, menjadi bantalan finansial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan.
Tren lainnya yaitu kategori dengan transaksi terbanyak di antaranya Pulsa & Voucher, Kesehatan dan Kecantikan, Perlengkapan Rumah Tangga, serta Fesyen.
Sementara transaksi tertinggi terjadi pada kategori Pulsa & Voucher, Gadget & Elektronik, Perlengkapan Rumah Tangga, serta Kesehatan dan Kecantikan.
Di sisi lain, rata-rata nilai transaksi pada kategori travel meningkat 22 persen dibandingkan tahun lalu, seiring dengan tingginya permintaan mudik Lebaran. Indri pun optimistis tren ini menunjukkan masyarakat masih mengandalkan Kredivo untuk memenuhi kebutuhan mudik.
Dari segi wilayah, penggunaan Kredivo di Jabodetabek meningkat 18 persen, sedangkan di luar Jabodetabek tumbuh 20 persen secara tahunan. Angka ini dikatakan sejalan dengan upaya Kredivo memperluas layanan ke kota tier 2 dan tier 3.
Transaksi selama Ramadhan 2025 didominasi oleh pengguna berusia 30 tahun ke atas, mengindikasikan bahwa kelompok usia ini memiliki kebutuhan lebih besar dan mengandalkan paylater.
Indri menambahkan Kredivo konsisten memperkuat manajemen risiko dan menerapkan prinsip responsible lending untuk memastikan tren positif ini berlanjut secara sehat dan memberikan dampak yang optimal bagi perusahaan maupun pengguna.
“Kami memastikan setiap pengguna mendapatkan limit yang proporsional sesuai dengan kemampuan bayar mereka, serta secara rutin mengevaluasi skor kredit pengguna untuk mendorong penggunaan paylater yang bijak dan mencegah terjadinya kredit macet,” tambahnya.
Kredivo juga aktif melakukan edukasi kepada pengguna melalui berbagai kanal komunikasi, mulai dari seminar tatap muka, media sosial hingga in-app channel.
Ke depan, Kredivo berkomitmen untuk terus berupaya menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dengan fokus pada peningkatan retensi pengguna.
Kredivo akan memberikan ragam penawaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna serta memperluas integrasi dengan lebih banyak merchant luring dan daring di berbagai kategori produk.
“Dengan pendekatan ini, kami optimistis dapat menjaga fundamental bisnis yang kuat sekaligus memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pengguna dan ekosistem secara keseluruhan,” tuturnya. (AN)