PINRANG, BACAPESAN — Wakil Bupati (Wabup) Pinrang, Sudirman Bungi, memimpin langsung Rapat Evaluasi Mall Pelayanan Publik (MPP) di Ruang Rapat Wabup Pinrang, Kamis (15/5/2025).
Dalam arahannya, Wabup Sudirman mengungkapkan bahwa kegiatan evaluasi ini sangat penting dilakukan sebagai bentuk refleksi dan perbaikan terhadap pengoperasian MPP yang telah berjalan hampir empat tahun.
Menurutnya, MPP merupakan wujud nyata hadirnya pelayanan yang terintegrasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Namun demikian, lanjut Wabup Sudirman, untuk mencapai pelayanan yang ideal, perlu dilakukan pertemuan secara berkala guna menyamakan persepsi dan bertukar pikiran antarpihak yang terlibat.
“Tujuan kita sama, yaitu menghadirkan pelayanan yang semakin baik bagi masyarakat. Maka perlu duduk bersama agar pelayanan ini betul-betul efektif dan efisien,” ungkapnya.
Wabup Sudirman juga berharap agar jumlah jenis layanan di MPP dapat terus bertambah. Hal ini, lanjutnya, penting agar masyarakat tidak perlu berpindah-pindah lokasi dalam mendapatkan pelayanan, khususnya terkait perizinan dan layanan publik lainnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, A. Mirani, dalam laporannya menyampaikan beberapa tantangan yang perlu segera dibenahi dalam pengelolaan MPP.
Diantaranya adalah petugas dari beberapa instansi yang tidak selalu standby, belum semua OPD menyiapkan standar layanan yang sesuai, serta masih ditemukannya petugas yang kurang kompeten dan belum dibekali dengan disiplin ilmu yang memadai.
Selain itu, A. Mirani juga menekankan pentingnya sosialisasi yang masif agar keberadaan dan fungsi MPP diketahui luas oleh masyarakat.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD dan perwakilan instansi terkait lainnya yang memberikan masukan demi peningkatan kualitas pelayanan di MPP Kabupaten Pinrang.(Fathur)